Panduan Lengkap Cara Ternak Burung Nuri Tanau Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Ternak Burung Nuri Tanau Bagi Pemula Agar Sukses – Burung nuri tanau (Psittinus cyanurus) merupakan salah satu jenis burung kicauan yang persebarannya ebih banyak berada di daerah sumatera sampai semenanjung malaysia.

Burung nuri tanau ini memiliki suara yang cukup unik dan khas sehingga mulai banyak dilirik para pecinta burung kicau.

Cara Ternak Burung Nuri Tanau

Pemilihan Indukan Burung Nuri Tanau

Agar anakan yang dihasilkan berkualitas maka pilih indukan yang berkualitas pula. Burung jantan dan betina nuri tanau yang akan dijadikan indukan harus memenuhi syarat dengan jantan minimal berumur 1 tahun dan betina minimal berumur 8 bulan. Setiap burung jantan dan betina memiliki ciri yang berbeda satu sama lain sehingga harus dipastikan jenis kelaminnya. Pastikan kondisi burung yang akan dijadikan indukan sehat dengan postur yang baik dan tanpa adanya cacat fisik.

Persiapan Kandang Ternak Burung Nuri Tanau

Siapkan kandang tipe aviary dengan ukuran kandang luas dan tersedia glodok sebagai sarang burung nuri tanau saat bertelur nantinya. Burung nuri tanau juga termasuk jenis burung yang gemar mandi jadi di dalam kandang harus tersedia kolam air yang digunakannya untuk membersihkan dirinya.

Pemberian Pakan Pada Burung Nuri Tanau

Pakan juga akan menentukan rasio keberhasilan ternak burung nuri tanau ini, untuk itu pilih makanan yang sesuai. Pakan yang dapat diberikan pada burung nuri tanau ini bisa berupa kwaci, biji jagung, sayuran, apel, pisang, dan kacang kacangan, serta berbagai jenis makanan yang sama dengan pakan burung kenari atau burung lovebird.

Perkawinan Burung Nuri Tanau

Di alam liar, burung nuri memiliki masa kawin tertentu yang waktunya berbeda pada setiap wilayah. Akan tetapi, di dalam kandang burung nuri bisa kawin kapanpun saat birahi kedua indukan optimal. Agar proses kawin bisa cepat terjadi maka sebaiknya pilih indukan burung yang sudah berjodoh dan juga gunakan beberapa nutrisi burung yang bisa membantu meningkatkan birahinya.

Kondisi Khusus yang Perlu Diperhatikan pada Burung Nuri Tanau
Burung nuri tanau termasuk burung yang mudah stres sehingga perlu diperhatikan. Beberapa cara terbaik untuk menjaga kondisi burung agar tidak mudah stres yaitu sediakan batang kayu lunak untuk digigit dan dikunyah dan juga letakkan kandang burung di tempat yang tidak banyak gangguan.

Penetasan Telur dan Panen Burung Nuri Tanau

Burung nuri tanau yang sudah berhasil kawin, biasanya akan menghasilkan 2-3 butir telur dan telur-telur tersebut akan dierami selama kurang lebih 23 hari oleh indukan betina. Selama proses pengeraman telur, biarkan indukan jantan tetap dalam satu kandang untuk membantu menyuapi indukan betina. Anakan burung akan menetas setelah 1-2 minggu dan biarkan indukan merawat anakannya hingga anakan berumur 35 hari.

Demikian artikel tentang “Panduan Lengkap Cara Ternak Burung Nuri Tanau Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa