Panduan Lengkap Cara Menanam Bawang Merah Di Pohon Pisang, Praktis dan Mudah

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Bawang Merah Di Pohon Pisang, Praktis dan Mudah – Bawang Merah (Allium cepa var ascalonicum) adalah sejenis tanaman yang dimanfaatkan umbinya untuk bumbu masakan. bawang merh berasal dari Iran, Pakistan dan pegunungan-pegunungan di bagan utaranya. Sentra budidaya penghasil bawang merah terbesar di Indonesia adalah Brebes, Jawa Tengah.

Klasifikasi ilmiah Bawang Merah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Ordo: Asparagales
Famili: Amaryllidaceae
Genus: Allium
Spesies: A.cepa

Menanam bawang merah ini dapat dilakukan secara hidroponik di pohon pisang. Berhubung pohon pisang hanya satu kali berbuah dan males untuk menebangnya, maka kalian dapat memanfaatkannya sebagai media tanam bawang merah atau sayuran lain. Berikut cara menanam bawang merah dengan media batang pisang, selengkapnya:

Cara Menanam Bawang Merah Dengan Media Tanam Batang Pisang

Pertama, siapkan bibit bawang merah yang akan ditanam.

Selanjutnya, batang pisang ditusuk sebesar ukuran satu buah bawang merah dengan jarak antar tusukan sekitar 10 cm, dibuat selang seling memutar.

Jangan sampai melukai isi hati batang karena dapat menyebabkan pohon pisang tersebut mati. Jika semuanya sudah siap, letakkan bibit bawang merah ke dalam tusukan batang pohon pisang yang telah dibuat.

Perlu diketahui menanam bawang merah di batang pohon pisang diperuntukkan untuk diambil daunnya, bukan untuk memperbanyak anakan bawang. Karena media ini hanya untuk menyuburkan daunnya saja. Disamping itu sistem tanam bawang merah di batang pohon pisang tidak berpengaruh pada buah pisangnya. Karena lebih ke mutualisme (tidak merugikan satu sama lain). Bawang mengambil nutrisi dan air dari batang pisang, jadi tidak perlu disiram.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Menanam Bawang Merah Di Pohon Pisang, Praktis dan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa