Panduan Lengkap Cara Menanam Bawang Putih di Dataran Rendah Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Bawang Putih di Dataran Rendah Bagi Pemula Agar Sukses – Bawang putih (Allium sativum) adalah salah satu jenis tanaman yang dimanfaatkan bagian umbinya untuk campuran masakan ataupun untuk pengobatan. Bawang putih mentah memiliki rasa angur atau getir karena penuh dengan senyawa sulfur termasuk alliin.

Klasifikasi Ilmiah Bawang Putih
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Ordo: Asparagales
Famili: Alliaceae
Upafamili: Allioideae
Bangsa: Allieae
Genus: Allium
Spesies: A. sativum

Dalam 100 gram bawang putih mengandung kalori 150 kkl, karbohidrat 33 gr, protein 6,36 gram, vitamin B1, B2, B3, B6, vitamin C, folat, zat besi, kalsium, mangan, magnesium, kalium, natrium, seng, dan fosfor. Selain itu terdapat senyawa sulfur allicin.

Dengan kandungan tersebut, bawang putih memiliki berbagai manfaat kesehatan diantaranya dapat membantu mengobati sakit tenggorokan, batuk dan radang tenggorokan; dapat membantu mencegah demam dan flu; dapat membantu mencegah pembekuan; dapat membantu mencegah kanker; dapat mengobati sakit gigi; dapat membantu mengatasi jerawat; dan lain sebagainya.

Cara Menanam Budidaya Bawang Putih di Dataran Rendah

Persiapan Lahan Tanam Bawang Putih Di Dataran Rendah

Pastikan lahan tanam yang akan digunakan unuk menanam bawang putih memiliki lokasi yang mudah dijangkau dan jauh dari polusi ataupun daerah industri; lokasi dekat dengan sumber air dan memiliki tanah dengan tekstur sedang yakni lempung berpasir.

Bersihkan lahan tanam dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya dan juga bebatuan. Jika pH tanah kurag dari 5 maka lakukan pengapura dengan menggunakan dolomit atau kapur pertanian.

Selama seminggu, lakukan penggemburan dengan cara tanah dibajak sebanak 3 kali lalu lakukan pemupukan dasar.

Buatlah bedengan dengan ukuran lebar sekitar 60-150 cm dan tinggi sekitar 20-50 cm sedangkan panjangnya dapat disesuaikan dengan lahan. Setiap bedengan diberi jarak sekitar 30-40 cm untuk pengairan. Setelah itu, buatlah lubang tanam sedalam 3 cm dan beri jarak antar lubang sekitar 10-15 cm.

Persiapan Bibit Bawang Putih di Dataran Rendah

Pilihlah umbi bawang putih yang sudah tua dengan ciri memiliki titik tumbuh di bagian akar dan sedikit tunas di bagian ujung. Pilih juga bibit yang berkualitas dengan ciri bibit tidak kering dan masih segar. Pastikan juga bibit tidak cacat ataupun keropos, selain itu pilih bibit berukuran besar.

Setelah itu masukkan bibit ke dalam lubang tanam pada lahan dan tutup lubang tanam. Padatkan sedikit bedengan agar tidak mudah terkikis saat proses penyiraman nantinya.

Perawatan Bawang Putih di Dataran Rendah

Lakukan pemupukan lanjutan menggunakan pupuk urea, ZA, dan SP- 36 dengan perbandingan 1 : 1 :1. Pemupukan tersebut harus dilakukan secara rutin setiap minggu minimal 2 kali.

Setelah bawang tumbuh setinggi 3-5 cm, lakukan pemulsaan. Gunakan mulsa plastik berwarna hitam gelap dan mulsa alami berupa jerami. Lakukan penyiraman dengan cara menggenangi parit antar bedengan. Penyiraman ini dihentikan sekitar 3 bulan menjelang masa panen dengan ciri daun bawang putih mulai menguning. Jaga kebersihan lahan, lakukan penyiangan secara rutin setiap minggu.

Masa Panen Bawang Putih

Pemanenan bawang putih dapat dilakukan pada hari ke 90-120 hari.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Menanam Bawang Putih di Dataran Rendah Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa