Panduan Lengkap Cara Ternak Hamster Panda Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Ternak Hamster Panda Bagi Pemula Agar Sukses – Hamster adalah jenis hewan pengerat dari sub familia cricetinae. hamster memiliki ukuran yang mini, badan gemuk, memiliki ekor yang pendek, memiliki beragam warna rambut tergantung spesiesnya ada yang coklat, abu-abu, hitam, putih, merah serta kuning. hamster hidup di bukit dikaki gunung, perbatasan padang pasir, bukit pasir yang divegetasi serta dataran rendah yang bersemak dan berbatu, sungai dilembah, padang rumput atau juga diladang tanam.

Hamster juga termasuk hewan noktunal meski juga dikatakan hewan krepustular, mereka aktif dari pagi hingga petang. hamster adalah binatang penggali yang baik. Hamster melakukan pembuahan pada usia yang berbeda tergantung spesies. Ada yang di usia 1-3 bulan. hamster betina tidak dapat dibuahi setiap hari karena betina mengalami estrus kira-kira 3 hari sedangkan jantan dapat melakukan pembuahan setiap hari. hamster dapat hidup lebih dari 3 tahun tergantung spesiesnya.

Baca Juga : Budidaya Ternak Hamster

Terdapat berbagai jenis hamster, diantaranya yaitu hamster panda, hamster campbell, hamster Roborovski, hamster hybrid, hamster syrian, hamster winter white, hamster tiongkok dan lain sebagainya.

Kali ini kita akan membahas tentang hamster panda, dinamakan hamster panda karena jenis hamster ini memiliki warna bulu seperti panda yaitu hitam dan putih. Berikut cara ternak hamster panda bagi pemula:

Cara Ternak Hamster Panda Bagi Pemula

Pemilihan Jenis Hamster Panda Yang Akan Diternakan

Saat ini ada banyak jenis hamster panda, tapi bagi pemula yang akan beternak hamster panda ini maka disarankan memilih hamster panda chambel karena proses ternaknya cukup mudah dan perawatannya tidak terlalu rumit.

Baca Juga : Jenis-Jenis Hamster

Pemilihan Indukan Hamster Panda

Pilihlah indukan hamster panda yang baik. Pastikan indukan hamster panda jantan maupun betina telah berusia minimal 4-11 bulan dengan kondisi tubuh sehat dan memiliki postur tubuh yang baik, selain itu juga memiliki nafsu makan yang baik.

Cara membedakan hamster panda jantan dan betina bisa dilihat dari bentuk testis dan skrotum yang cukup mencolok pada jantan dan tidak ada pada betina.

Persiapan Kandang Ternak Hamster

Siapkan kandang yang memiliki dua pintu berbeda dengan bagian tengah yang ada penyekatnya. Saat hamster betina mulai membesarkan anaknya maka siapkan beberapa sekat sebagai pengganti sarang hamster tersebut.

Perkawinan Hamster Panda

Jika semuanya sudah siap, hamster betina dan jantan dapat disatukan dalam kandang namun tetap perlu diberi sekat pemisah terlebih dahulu untuk menghindari pertengkaran. Hamster dengan usia yang cukup akan memiliki birahi sehingga perkawin cukup mudah terjadi secara alami. Biarkan beberapa hari agar pejantan dapat mengawini betinanya.

Baca Juga : Memelihara dan Merawat Hamster

Masa Gestasi atau Hamster Panda Hamil

Jika proses kawin yang terjadi sudah berhasil membuahi betina maka sang betina akan hamil selama kurang lebih 16-18 hari. Mendekati proses melahirkan, perut hamster akan terlihat membesar dan mulai muncul puting susu di perutnya. Peternak harus menyiapkan serbuk kayu atau jerami dan kain agar di jadikan sarang oleh hamster betina untuk melahirkan dan membesarkan anaknya.

Baca Juga : Cara Merawat Hamster Winter White

Pembesaran Anakan Hamster Panda

Setelah melewati masa kehamilan, hamster akan melahirkan anaknya. Bianya hamster akan melahirkan lebih dari satu anakan tergantung jenis dan kondisinya. Saat akan melakukan proses kelahiran maka hamster jantan harus dipisah. Ketika anakan hamster terlahir, jangan memegangnya dan biarkan ibu hamster merawat hingga cukup umur untuk dipisahkan. Lakukan perawatan dengan benar agar anakan atau bayi hamster panda tidak mati.

Demikian pembahasan tentang cara ternak hamster panda dan perawatannya, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.