Tips Cara Budidaya Ikan Cakalang Di Keramba Apung Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Tips Cara Budidaya Ikan Cakalang Di Keramba Apung Bagi Pemula Agar Sukses – Ikan Cakalang (Katsuwonus pelamis) adalah ikan berukuran sedang dari familia Skombride (tuna dan tongkol). Cakalang merupakan ikan air laut yang bisa memiliki panjang tubuh dari 50 cm sampai 1 meter lebih dengan berat dapat mencapai dengan lebih dari 18 kg.

Klasifikasi Ilmiah Ikan Cakalang
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Perciformes
Famili: Skombride
Genus: Katsuwonus
Spesies: K. pelamis

Tips Cara Budidaya Ikan Cakalang Di Keramba Apung Bagi Pemula Agar Sukses

Persiapan Kolam Ikan Cakalang

Hal pertama dalam budidaya ikan cakalang yang perlu diperhatikan yaitu kolam. Sebagai jenis ikan laut maka tempat budidaya ikan cakalang juga harus berada di laut menggunakan jenis kolam apung. Penggunaan kolam apung lebih rumit dan penuh perhitungan dan juga biaya yang lebih mahal dibandingkan kolam terpal maupun kolam tanah.

Pembersihan Kolam Apung Ikan Cakalang

Berbeda dengan cara budidaya ikan air tawar yang memerlukan pemupukan pada kolam sebelum bibit ikan ditebar dalam kolam, kolam apung tidak memerlukan proses pemupukan. Sebagai pengganti proses pemupukan tersebut, kolam apung perlu dibersihkan sebelum bibit di tebar dengan cara melihat ada tidaknya kotoran pada bagian jaring di permukaan dan dasar kolam apung yang dibuat.

Pemilihan Benih Ikan Cakalang

Sebelum benih ditebarkan dalam kolam apung maka pilih benih ikan cakalang terlebih dahulu. Pemilihan benih cakalang dapat diperoleh dari para penjual benih maupun dengan cara membuat benih itu sendiri secara alami dari laut. Bagi pemula, sebaiknya pemilihan benih di dapatkan dari penjual benih yang memang sudah dipercaya memiliki kualitas benih ikan cakalang yang baik.

Penebaran Benih Ikan Cakalang

Sejauh ini budidaya ikan cakalang memang berlangsung hanya untuk membesarkan benih yang di bisa dari pengepul yang mencari bibit ikan cakalang dilaut lepas. Penebaran benih bisa dilakukan setelah semua persiapan kolam dipastikan dalam kondisi yang terbaik sehingga benih benih yang ditebarkan dalam berkembang dengan normal.

Pemberian Pakan Ikan Cakalang

Pemberian pakan sangat penting diperhatikan dan menjadi salah satu hal yang banyak menguras biaya dalam proses budidaya ikan cakalang. Ikan cakalang dan berbagai jenis tuna lainnya hanya mengkonsumsi makan hidup. Makanan hidup yang baik untuk proses pembesaran ikan cakalang yaitu ikan teri dan ikan sarden karena memiliki kandungan lemak tinggi dibandingkan jenis ikan kecil lainnya.

Masa Panen Ikan Cakalang

Pemanenan merupakan proses budidaya ikan cakalang yang juga harus diperhatikan dengan baik agar hasil panen yang didapatkan maksimal. Panen bisa dilakukan secara total dan selektif dengan melihat kondisi persebaran berat dan ukuran dari kolam apakah merata atau tidak.

Demikian artikel pembahasan tentang “Tips Cara Budidaya Ikan Cakalang Di Keramba Apung Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa