Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Baronang Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Baronang Bagi Pemula Agar Sukses – Ikan baronang adalah salah satu jenis ikan yang termasuk dalam spesies siganus sp. terdapat sekitar 28 jenis ikan baronang, di Indonesia terdapat 7 spesies ikan baronang (siganus sp.) diantaranya Siganus javus, S. argentinzaculatus, S. vermiculatus, S. guttatus, S. spinus, S. Rivulatus, dan S. canaliculatus.

Klasifikasi Ikan Baronang
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Superkelas: Osteichthyes
Kelas: Actinopterygii
Subkelas: Neopterygii
Infrakelas: Teleostei
Superordo: Acanthopterygii
Ordo: Perciformes
Famili: Siganidae
Genus: Siganus

Cara Budidaya Pembenihan Ikan Baronang

Pemilihan Indukan Ikan Baronang

Induk ikan baronang yang memenuhi kriteria standar yakni berwarna cerah, memiliki organ tubuh lengkap (tidak cacat), tubuh kenyal dan gerakan aktif. Sebelum induk di pelihara dalam bak pemeliharaan induk terlebih dahulu diadaptasikan lingkungan terutama suhu dan salinitas.

Ciri-Ciri Ikan Baronang Betina

  • Ukuran ikan betina lebih besar dari jantan
  • Perut bagian bawah ikan betina lebih besar
  • Lubang genital ikan baronang betina lebih besar
  • Ukuran baronang betina terutama matang telur yaitu panjang baku 130-210 mm
  • Berat Betina sekitar 300-450
  • Apabila bagian perut beronang diurut, cairan keluar berwarna jingga dari lubang genital

Ciri-Ciri Ikan Baronang Jantan

  • Ukuran baronang jantan terutama matang telur yaitu panjang baku 110-140 mm
  • Berat Jantan sekitar 250.

Pemeliharaan Induk Ikan Baronang

Pemeliharaan induk ikan baronang dapat berupa bak beton berukuran 3 m3 dengan perbandingan jantan dan betina 1:1.

Pakan yang diberikan pada indukan dapat berupa pakan pelet sebanyak 3-5% bobot ikan. Pemberian pakan ini dilakukan detiap 2-3 kali sehari.

Metode Pemijahan Ikan Baronang

Pemijahan alami Ikan Baronang
Induk ikan baronang umumnya memijah pada bulan gelap, waktu memijah sekitar petang menjelang malam atau dini hari menjelang subuh. Ikan baronang memijah umumnya pada bulan Februari hingga September.

Pemijahan Ikan Baronang dengan stripping
Stripping bisa dilakukan dengan dua cara yaitu cara kering dan cara basah.

  • Stripping cara basah
    Sel telur dan sperma hasil stripping dicampur dalam air laut yang telah disterilisasi dan dibiarkan selama sekitar 10 menit, lalu dicuci dan dipindahkan ke dalam bak penetasan.
  • Stripping cara kering
    Sel telur hasil stripping dari induk betina dicampur dengan sperma jantan, pencampuran dilakukan dengan bulu ayam atau bulu bebek, kemudian dibiarkan selama sekitar 10 menit. Setelah itu, cuci dengan air laut yang telah disaring dan disterilisasi, baru telur dipindahkan ke bak penetasan.

Pemijahan Ikan Baronang dengan hormon
Induk ikan yang sudah matang telur dirangsang untuk memijah dengan diberi hormon gonadotropin. Induk betina disuntik dengan 500 MU dan induk jantan disuntik dengan 250 MU (mouse unit). Biasanya setelah 6 -8 jam ikan akan memijah.

Penetasan Telur Ikan Baronang

Persiapan
Bersihkan bak penetasan dengan menggunakan bahan kimia chlorin dengan dosis 200 ppm. Kualitas air seperti oksigen, pH, salintas, suhu, kecerahan, kandungan gas dan logam berat harus dijaga agar tidak melebihi batas ambangnya.

Penetasan
Telur yang dibuahi akan menetas dalam waktu 22-24 jam pada suhu air 26-28 derajat celcius. Telur yang tidak dibuahi akan tenggelam ke dasar bak.

Pemeliharaan Larva Ikan Baronang

Lakukan perawatan larva dengan seksama terutama setelah kuning telurnya habis. Pada tahap ini, larva diberi pakan hidup alami berupa chlorella sp, rotifera dan daging ikan yang dicincang.

Air laut yang digunakan untuk pemeliharaan larva yaitu air laut yang sudah mengalami beberapa saringan, pertama melalui saringan pasir lalu saringan millipore yang berdiameter 10 dan 15 mikron. Pembersihan tangki harus dilakukan secara periodik dengan menggunakan siphon (pipa plastik), larva telah berumur antara 7-20 hari, dasar tangki harus dibersihkan setiap 2 hari sekali, jika larva berumur di atas 21 hari pembersihan dasar tangki dilakukan setiap hari.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Baronang Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa