Panduan Lengkap Cara Pemijahan Buatan Ikan Kerapu Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Pemijahan Buatan Ikan Kerapu Bagi Pemula Agar Sukses – Kerapu adalah jenis ikan yang merupakan ikan anggota genus dalam anak suku Epinephelinae, suku Serranidae dalam seri Perciformes. Ada banyak macam jenis ikan kerapu diantaranya kerapu batik, kerapu kertang, kerapu sunuk/merah/lodi, kerapu lumpur, kerapu macan, kerapu muara, kerapu tikus/bebek, kerapu cantang dan kerapu cantik.

Karakteristik atau ciri ikan kerapu yaitu memiliki bentuk ujung sirip ekor, dada dan dubur berbentuk busur, kepala dan tubuhnya berwarna abu-abu atau kehijauan-cokelat pucat. Tubuh ikan ini banyak dipenuhi bintik-bintik gelap kemerahan oranye atau cokelat gelap. Di alam ikan kerapu macan dapat tumbuh dengan panjang sekitar 95 cm dengan bobot sekitar 11 kg.

Cara Pemijahan Buatan Ikan Kerapu

Pemijahan buatan ikan kerapu terjadi karena pertemuan sel telur dan sperma ikan kerapu tersebut dilakukan dengan bantuan manusia. Berikut cara selengkapnya:

Pertama, lakukan penyeleksian induk jantan dan betina ikan kerapu. Agar hal ini dilakukan dengan mudah, maka indukan bisa dibius terlebih dahulu. Seleksi indukan ikan kerapu betina bisa dilakukan dengan bantuan selang kanulasi atau kateter berdiameter 1 mm yang kemudian dimasukkan dalam lubang genital sedalam 5-10 cm, kemudian telur dihisap. Setelah itu, selang kanulasi tersebut secara perlahan. Sedangkan untuk selksi indukan ikan kerapu jantan bisa dilakukan dengan cara mengurut bagian perut ke arah kelamin atau disebut dengan stripping.

Setelah indukan didapatkan melalui seleksi, strippung kedua indukan tersebut hingga masing-masing indukan mengeluarkan sel telur dan sperma. Jika sudah siap, campurkan keduanya dalam wadah berupa baskom atau yang lainnya. Pencampuran ini dapat dilakukan dengan cara kering maupun basah. Cara kering yaitu sperma dan telur dicampurkan langsung, lalu diaduk dengan bulu ayam.

Sementara, cara basah dilakukan dengan mencampurkan sperma dan telur dengan tambahan air laut secukupnya. Pencampuran ini dilakukan secara merata dengan menggunakan bulu ayam. Selanjutnya, telur yang telah dicampur dicuci dengan air laut dan ditebarkan ke wadah penetasan dan pemeliharaan larva.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Pemijahan Buatan Ikan Kerapu Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa