8 Jenis Lumba-Lumba Air Tawar yang Ada di Dunia

Posted on

Lumba-lumba air tawar/sungai masuk dalam kategori nontaxonomix yang termasuk satu dari beberapa jenis spesies baru yang punah dari lumba-lumba yang berada disungai air tawar. Jika kebanyakan lumba-lumba jenis lainnya hidup di perairan laut, ternyata terdapat pula beberapa jenislumba-lumba yang mampu hidup di air tawar maupun air payau. Jika di Indonesia terdapat ikan pesut mahakam yang berada di kepulauan Kalimantan, kali ini FaunadanFlora akan memperkenalkan beberapa jenis lain dari lumba-lumba air tawar/payau yang ada di dunia.

1. Pesut Mahakam

ikan pesut mahakam


Pesut mahakam memiliki nama latin Orcaella brevirostris, yang berhabitat di Sungai Mahakam, Kalimantan Timur, Indonesia. Berdasarkan data pada tahun 2007, populasi pesut mahakam hanya tertinggal sekitar 70 ekor saja. Pesut mahakam menempati urutan pertama pada daftar satwa Indonesia yang terancam punah. Pesut mahakam hidup di sungai-sungai daerah tropis.

2. Lumba-lumba sungai Amazon

lumba-lumba sungai amazon

Lumba-lumba ini memiliki nama latin Inia geoffrensis geoffrensis, yang berhabitat di sepanjang sungai amazon, seperti Brasil, peru, Bolivia, ekuador, Kolomba dan venezuela. Lumba-lumba ini menyukai habitat yang memiliki daerah sungai yang luas dengan banyak lumpur.

3. Lumba-lumba sungai Bolivia

lumba-lumba bolivia

Lumba-lumba sungai Bolivia memiliki nama latin Inia geoffrensis boliviensis. Dan berhabitat di sungai-sungai di Bolivia , Amerika serikat. Pada Sepsember 2012, Presiden Bolivia Evo Morales menyerukan untuk melindungi lumba-lumba ini karena dalam bahaya dan menjadikan lumba-lumba ini sebagai harta karun nasional Bolivia.

4. Lumba-lumba sungai Yangtze

lumba lumba sungai yangtze

Lumba-lumba sungai Yangtze atau disebut dengan Baiji memiliki nama latin Litopes vexillifer, yang berhabitat di sungai Yangtze, China. Lumba lumba ini juga masuk dalam daftar merah IUCN tahun 2007 mengklasifikasi Baiji sebagai spesies kritis, dan kemungkinan spesies ini telah punah. Populasi Baiji menurun dengan drastis pada beberapa dekade karena industrialisasi China dan penggunaan sungai untuk memancing, transportasi dan hidrolistrik.

5. Lumba-lumba sungai Gangga

lumba lumba sungai gangga

Lumba-lumba ini memiliki nama latin Platanista gangetica gangetica, yang berhabitat di sungai gangga di India, selain disungai Gangga, lumba-lumba inijuga dapat ditemui di sungai brahmaputra dari Nepal, India, hingga Bangladesh.

6. Lumba-lumba Sungai Indus

lumba lumba sungai indus

Lumba-lumba sungai Indus memiliki nama latin Platanista gangetica minor, Lumba-lumba ini berhabitat di sungai Indus, Pakistan.Lumba-lumba ini termasuk juga dalam daftar lumba-lumba yang hampir punah, salah satu penyebanya yaitu karena lumba-lumba ini sering tersangkut dijaring nelayan pencari ikan dan membuat lumba-lumba ini terluka.

7. Lumba-Lumba Orinoco

lumba lumba orinoco

Lumba-lumba orinoco memiliki nama latin Inia geoffrensis humboldtiana yang berhabitat di sungai Orinoco di venezuella dan Kolombia.

8. Lumba-lumba La Plata

lumba-lumba la plata

Lumba-lumba la Plata memiliki nama latin Pontoporia blainvillei, berhabitat di daerah estuari (tepi pantai) di Bolivia dan argentina. Meskipun termasuk kedalam lumba-lumba air tawar, namun spesies ini dapat ditemui di tepian pantai air asin Samudera Atlantik di tepi selatan benua amerika selatan.

Artikel terkait:

Terimakasih semoga informasi yang diberikan bermanfaat 🙂 🙂