12 Alat Pertanian Modern Di Dunia Beserta Fungsinya Yang Dapat Dijadikan Referensi

Posted on

Mesin Dan Alat Pertanian Modern Canggih Dunia Yang Dapat Dijadikan Referensi Bagi Petani Indonesia

Salah satu faktor penunjang kesuksesan dalam bertani adalah alat pertanian yang digunakan baik itu alt yang berukuran kecil atau alat yang berukuran besar. Kali ini kita akan membahas tentang alat pertanian modern yang telah digunkan oleh banyak negara dan mungkin di indonesia bisa menggunkan alat berikut ini.

A. Alat Pengolah Tanah Modern 
Hal yang mutlak bagi petani untuk melakukan pengolahan tanah sebelum melakukan penanaman dan pastilah dibutuhkan alat untuk melakukan proses tersebut, berikut adalah alat pertanian modern yang bisa anda gunakan untuk melakukan pengolahan tanah.

1. Traktor

traktor
Traktor adalah alat pertanian yang paling sering digunakan untuk melakukan pengolahan tanah bagi pertanian Indonesia, Mesin traktor ini memiliki ukuran kecil dan ada juga yang berukuran besar. Traktor memiliki 2 jenis yaitu traktor dengan roda rantai yang biasa digunakan pada kondisi tanah berlumpur dan traktor dengan roda dua yang biasa digunakan pada kondisi tanah kering.

2. Rotavator

rotavator
Rotavator adalah salah satu alat yang digunakan untuk melakuakan pengolahan tanah pertama dan kedua. untuk pengolahan tanah pertama yaitun digunaka untuk memotong, mencacah dan membolak-balikan tanah dan untuk pengolahan tanah kedua alat ini digunakan untuk merapihkan tanah, menghilangkan tanaman pengganggu dan memperbaiki tata air.

3. Bajak Singkal

bajak-singkal
Bajak singkal merupakan alat pengolah tanah yaitu untuk membolak-balaikan tanah. Terdapat 2 jenis bajak singkal yaiu bajak singkal 1 arah dan bajak singkal 2 arah.

4. Garu sisir

garu-sisir
Garu sisir digunakan untuk pengolahan tanah setelah pengolahan menggunakan bajak singkal. Biasanya alat ini digunkan pada sawah saat dalam keadaan basah agar tanah yang dalam bentuk bongkahan dapat gembur.

5. Garu Piring

garu-piring
Garu Piring biasanya digunakan untuk pengolahan tanah sebelum tanam yaitu untuk membersihkan rumput pada lahan tanam dan pengolahan sesudah tanam yaitu untuk menutupi benih yang telah disebar dengan tanah.

6. Bajak Subsoil

bajak-subsoil
Bajak Subsoil biasanya digunakan untuk memecahkan tanah hingga kedalaman 20 hingga 36 inch untuk parit pada lahan tanam.

B. Alat Tanam Modern
Penanaman banyak dilakukan secra manual yaitu menggunakan tenaga kerja, tapi kini tenaga kerja untuk melakukan penanaman sudah sangat sulit ditemukan. Pada era modern ini kini masalah tersebut dapat teratasi yaitu dengan menggunkan mesin tanam yang sudah canggih, berikut adalah mesin tanam modern:

1. Penanam Jagung (BW2BJG-4)

penanam-jagung-bw2bjg-4
Untuk menanam jagung kini telah ada alatnya yang akan semakin memudahkan petani.

2. Penanam Padi (NSPU-68C)

penanam-padi

Kini menanam padi akan lebih mudah karena sudah ada alat untuk menanamnya, tanpa harus melakukannya secara manual.

3. Penanam Kentang (SE260 2-ROW BUNKER HARVESTER)

penanam-kentang

Kini menanam kentang akan lebih mudah karena sudah ada alat untuk menanamnya.

C. Alat Pemanen Modern 

Selain alat untuk melakukan pengolahan tanah dan juga penanaman, alat pertanian modern untuk pemanenan pun telah ada. berikut adalah contoh alat pemanen modern:

1. Pemanen Kacang tanah

pemanen-kacang-tanah
Dengan alat ini para petani dapat dengan mudah dalam melakukan pemanenan kacang tanah tidak lagi perlu melakukan secara manual yaitu mecabutnya satu-persatu.

2. Pemanen Kentang

pemanen-kentang

Dengan menggunakan mesin ini anda akan lebih mudah dalam melakukan pemanenan kentang tanpa harus melakukannya secara manual.
3. Pemanen Tebu

pemanen-tebu

Mesin ini akan lebih memudahkan petani tebu untuk memanen tebunya, tanpa harus melakukan penebangan satu-persatu.

Demikian artikel pembahasan tentang”12 Alat Pertanian Modern Canggih Di Dunia Yang Dapat Dijadikan Referensi “, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa