Anyelir, Bunga Mediterania yang Memiliki Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

Posted on

Bunga Anyelir, Bunga Mediterania Dengan banyak Manfaat untuk Kesehatan 

Bunga anyelir sering dikaitkan dengan lambang cinta dan kasih sayang dan rasa penghormatan. Anyelir atau dikenal juga dengan bunga teluki. dalam bahasa inggris dikenal dengan Carnation. Anyelir memiliki nama latin Dianthus caryophyllus merupakan tanaman hias pekarang dan tanaman hias dalam pot yang berasal dari daratan mediterania. Kata Dianthus berasal dari bahasa yunani yang berarti dewa (dios), bunga (anthos).

Bunga anyelir memiliki warna bunga yang menarik, dengan warna teran serta warna warni. Anyelir dapat hidup selama 18-20 bulan. Tanaman ini dapat mencapai ketinggian sampai 2 meter, namun untuk dapat tumbuh tegak ia harus diikat dengan penyokong. Garis pusat batang tanaman bunga anyelir dapat mencapai 1 cm. dan biasanya membengkak pada buku/ruas.

Ada dua jenis tanaman anyelir yaitu pertama adalah anyelir dengan satu bunga pada satu tangkai dan yang kedua adalah anyelir dengan banyak bunga pada satu tangkai.

Tanaman anyelir mampu tumbuh pada suhu siang berkisar 18-200 derajat celcius dan suhu malam berkisar 8-110 celcius. Dengan tumbuh baik pada cahay amatahari pernuh dengan penyinaran sekitar 44.000 luks.

Bunga anyelir memiliki ciri-ciri pada bagian daun cenderung runcing dengan tulang daun yang menyirip, sempit dan panjang. Sedangkan pada bagian daun berwarna hijau keputih-putihan. Dengan diameter bunga 5cm – 10 cm.

Anyelir memiliki kemiripan dengan bunga mawar, memiliki warna yang beragam. Bunga ini terdiri dari lima petal dan mempunyai single atau dobel blooms, petalnya mempunyai sampingan yang berzig-zag. Bunga anyelir termasuk bunga perennial atau tanaman yang dapat hidup lebih dari 2 tahun.

Beragamnya warna bunga anyelir, yang kadang-kadang juga menampilkan warna yang berbintik-bintik, menjadikan komoditas ini banyak dicari. Tetapi dari seluruh warna yang ada, yang paling disukai adalah warna merah panther dan kuning kunyit.

Bunga anyelir sering digunakan sebagai bunga perhiasan karena memiliki bentuk dan warnanya yang indah dan feminim. Bunga ini juga sering diselipkan pada telinga para wanita dalam tarian-tarian tertentu.

Selain itu bunga anyelir atau carnation ini dianggap sebagai bunga untuk orang kelahiran. Sama seperti halnya batu garnet dan bunga anyelir atau carnation adalah bunga nasional negara Spanyol dan digunakan dalam hari-hari spesial seperti hari ibu, parent’s day, hari guru atau pernikahan. Bunga ayelir ini dianggap mengartikan sebagai kekaguman, keindahan, kasih sayang, kebanggaan dan rasa berterima-kasih.

Pada bunga anyelir memiliki kandungan saponin, sejenis diancinenosid A,B,C,D,E,F,G, dan H. Arabinopiranosil hederagenin glukopiranosil glukopiranosid, krisoeriol glukosid, isovitexin glukosid, dan sitosterol glukopiranosid, isoorientin glukosid.

Selain sebagai tanaman hias yang sangat indah dipandang mata, tanaman anyelir mempunyai manfaat dan khasiat.

Adapan manfaat dan khasiat taman anyelir bagi kesehatan adalah :

  • Mengobati Diare
  • Mengobati infeksi salurah kemih
  • Mengobati kencing batu
  • Mengobati Sembelit
  • Menghilangkan Pusing
  • Mengobati Eksim
  • Melancarkan buang air kecil
  • Membersihkan darah
  • Melancarkan proses melahirkan

Ekologi dan penyebaran bunga anyelir

Anyelir merupakan tumbuhan yang pada umumnya dibudidayakan sebagai tanaman hias di kebun-kebun atau pekarangan. Tanaman ini dapat tumbuh baik di daerah pegunungan pada ketinggian 1.00 m sampai 1.800 m di atas permukaan laut. Memiliki tanah yang gembur dan subur.

Kondisi yang baik untuk menanam bunga ini yaitu tanah dengan tekstur liat gembur dan subur, serta berdrainase baik dan memiliki PH antara 5,5 sampai 6,7.

Perbanyakan bunga anyelir dapat dilakukan dengan cara stek, sedangkan untuk mendapatkan variasi warna dan bentuk bunga sering dilakukan dengan cara penyilangan.

Tanaman ini mampu hidung hingga 18 sampai 20 bulan yang merupakan salah satu bunga yang tertua yang di kultivasikan dan salah satu bunga yang paling terkenal. Tetap agar bunga ini dapat memberikan bunga yang optimal dan cantik, sebaiknya setelah umur mendekati usia tua sudah digantikan dengan tanaman anyelir yang baru.

Klasifikasi Ilmiah Anyelir
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Caryophyllales
Famili: Caryophyllaceae
Genus: Dianthus
Spesies: D. caryophyllus
Nama binomial : Dianthus caryophyllus

Bunga Anyelir (Dianthus caryophyllus )

Demikian informasi yang disampaikan, semoga bermanfat .