Cara Budidaya Buah Bit Atau Tanaman Bit Yang Baik Dan Benar

Posted on

Penjelasan Cara Budidaya Buah Bit Yang Kaya Akan Manfaat

Hai Sahabat…….Kali ini kita akan membahas tentang cara budidaya buah bit yang kaya akan manfaat. Unyuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini.

Buah Bit adalah sejenis umbi yang masuk dalam kelas Beta vulgaris dan termasuk dalam subspesies vulgaris Conditiva. Buah bit memiliki warna merah keungguan dan biasanya buah bit digunakan campuran makanan, pewarna makanan alami serta juga dapat dimanfaatkan sebagai obat. Tanaman ini berasal dari Swedia dan Britania, dan akan tumbuh baik pada daerah dataran tinggi dengan udara yang dingin. Di Indonesia kebun Buah bit dapat di jumpai di daerah dataran tinggi jawa barat.

Buah bit

Buah bit memang tidak terlalu di gandrungi seperti halnya kentang atau wortel tapi karena banyak manfaat yang terkandung pada buah bit buah bit kini banyak di cari tidak hanya untuk di konsumsi tetapi untuk obat juga. Membudidayakan buah bit bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan. Berikut adalah cara atau tahapan budidaya buah bit atau tanaman bit ini:
budidaya buah bit

  • Lahan Tanam
    Lahan yang akan ditanami buah atau tanaman bit sebaiknya diolah dengan di bajak atau dicangkul untuk menggemburkan tanah. Pembajakan atau pencangkulan diusahakan agak dalam sekitar 30 cm, bersama dengan pembajakan atau pencangkulan lahan tanam berikan pula pupuk kandang dengan ukuran setengah kilogram untuk 2 meter tanah, biarkan tanah menjadi subur setelah itu buatlah alur atau bedengan untuk menanam buah atau tanaman bit dengan jarak antar alur sekitar 30 cm.
  • Pembibitan
    Karena Buah bit atau tanaman bit di Indonesia susah berbunga makacara memperoleh bibit harus membelinya di Luar negeri. Biji atau benih buah atau tanaman bit bisa di tanam langsung pada lahan tanam, bisa juga dengan cara stek atau penyambungan. Namun sebaiknya bibit atau benih buah atau tanaman bit disemai pada tempat penyemaian.
  • Penanaman Buah atau tanaman Bit
    Penanaman ada yang langsung menaburkan biji bibit langsung pada lahan tanam dan ada yang melakukan penyemaian pada lahan semai. Nah pembibitan buah atau tanaman bit sudah sekitar berumur 10 hari atau biji sudah menjadi benih atau tanaman sudah mulai tumbuh pindahkan secara hati-hati pada lahan tanam karena akar pada bibit yang akan menghasilkan bakal buah.
  • Pemeliharan atau perawatan tanaman atau buah bit
    1. Penjarangan
    Penjarangan tanaman dilakukan setelah tanaman bit berumur sekitar 3 sampai 4 minggu. Tanaman yang layu atau mati diganti dengan yang baru dan pada saat tanaman sudah memiliki tau membentuk 2 sampai 3 tunas lakukan penjarangan kembali.
    2. Penyiangan
    Pada saat tanaman sudah berusia sekitar 4 hingga 5 bulan lakukan lah penyiangan karena rumput rumput liar ataupun gulma sudah mulai tumbuh dan harus dibuang.
    3. Pemupukan
    pupuk yang digunakan untuk memupuk tanaman bit diantaranya DS,ZA,serta ZK, dengan dosis 1 kuintal ZA, dan DS serta ZK masing-masing 50 kilogram per satu hektar lahan. Pemupukan diberikan dengan jarak 5 cm dari batang dibagian kanan dan kiri.
  • Hama dan Penyakit
    Hama yang sering menyerang tanaman buah bit adalah ulat tanah atau agritis ypsilon.
  • Pemanenan Bit
    buah bit segar

    Panen dapat dilakukan pada umur tanaman buah bit 2 hingga 3 bulan. cara pemanenan dilakukan dengan cara mencabut tanaman hingga akar dan batangnya jangan dipotong untuk mengurangi penguapan serta membuat bit tetap segar. Ingat, jangan sampai terlambat memanen karena jika terlambat dapat membuat bit berkayu dan keras.

Demikian artikel tentang”Cara Budidaya Buah Bit ¬†Atau Tanaman Bit Yang Baik Dan Benar“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa