Panduan Lengkap Cara Budidaya Durian Montong Agar Cepat Berbuah dan Panen Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Durian Montong Agar Cepat Berbuah dan Panen Bagi Pemula – Durian (Durio zibethinus) adalah salah satu buah dari tumbuhan tropis wilayah asia tenggara. Durian berasal dari famili Malvaceae. Buah durian bertipe kapsul dengan bentuk bulat, bulat telur hingga lonjong panjangnya hingga 25 cm dan diameter hingga 20 cm. Kulit buahnya tebal, permukaannya bersudut tajam atau berduri, memiliki warna hijau kekuning-kuningan, kecoklatan, hingga keabu-abuan. Buah durian memiliki aroma yang sangat tajam, dan rasanya enak, namun tidak semua orang suka dengan buah durian karena aromanya yang menyengat menyebabkan mual. Buah Durian memiliki beberapa spesies selain D. zibethinus (durian benar) juga dianggap sebagai durian. Di Indonesia tercatat ada 20 spesies anggota Durio (dari hampir 30 jenis), tapi hanya sembilan di antaranya yang dapat dimakan.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Eudikotil
(tidak termasuk): Rosidae
Ordo: Malvales
Famili: Malvaceae
Genus: Durio
Spesies: D. zibethinus

Ada banyak jenis durian yang tersebar di Indonesia, diantaranya seperti durian montong, durian musang king, durian merah dan lain sebagainya. Nah kali ini kita akan membahas tentang cara budidaya durian montong. Durian montong ini memiliki rasa yang sangat enak dengan daging yang tebal dibandingkan dengan jenis durian yang lainnya.

Cara Budidaya Durian Montong

Persiapan Bibit Durian Montong

Bibit dapat diperoleh dengan cara cangkok, biji ataupun membeli bibit di toko tanaman. Apabila anda melakukan pembibitan dengan biji, memungkinkan bibit berbeda sifat dengan induknya. Lagi pula, pembibitan dengan biji tergolong susah, banyak yang gagal dan hanya petani durian saja yang mengerti teknik yang benar.

Jika anda membelinya di toko, pilihlah bibit durian montong yang unggul. Pilih bibit yang sehat dan segar, hal tersebut dapat dilihat dari bentuknya yang bagus, batanggya yang keras danb daunnya yang banyak serta segar.

Persiapan Lahan Tanam Durian Montong

Lahan yang akan digunakan untuk menanam durian montong di olah terlebih dahulu. Bersihkan gulma dan tanaman penggangguy lainnya. Setelah itu, gemburkan terlebih dahulu dengan cara dicangkul, selanjutnya lakukan pemupukan dasar dengan menggunakan pupuk kandang.

Sebelum penanaman dilakukan, buatlah lubang tanam dengan ukuran sekitar 50 cm dan jarak antar lubang tanam yaitu sekitar 12-19 meter. Setelah itu, diamkan lubang tanam selama 2 minggu. Lalu berikan pupuk kandang dan juga dolomit. Setelah 10 hari kemudian barulah dilakukan penanaman.

Cara Menanam Durian Montong

Jika semuanya siap, lakukan penanaman. Masukan bibit durian montong dalam lubang tanam yang telah disiapkan, kemudian tutup kembali lubang tanam dengan tahan disekitar bibit dab padatkan. Penanam ini baik dilakukan pada musim penghujan.

Cara Merawat Durian Montong

Lakukan penyiraman dan pemupukan secara rutin. Jika bibit sudah tumbuh dengan ketinggian sekitar 5 cm maka lakukan pemangkasan pucuk, hal tersebut bertujuan untuk merangsang pertumbuhan tanaman duriaqn agar lebih cepat. Jika pohon durian terserang hama maka segera lakukan pembasmian. Lakuikan pemangkasan pada ranting yang tertutupi sinar matahari karena ranting tersebut tidak akan berbunga.

Agar menghasilkan buah lebat, saat ranting berbunga maka bantu penyerbukan. Caranya yaitu sapukan kuas yang halus pada bunga yang mekar secara perlahan pada malam hari.

Setelah pohon durian montong berbuah, lakukan penyeleksian pada saat buah masih berdiameter 5 cm. Lakukan penjarang buah dan berikan jarak antar buah sekitar 30 cm. Jika sudah siap panen, bungkus durian dengan kain atau ikat agar buiah tidak rusak saat jatuh dari pohon.

Demikian artikel tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Durian Montong Agar Cepat Berbuah dan Panen Bagi Pemula“semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa