Cara Budidaya Ikan Patin Di Kolam Tembok Agar Lebih Cepat Besar dan Panen

Posted on

Cara Budidaya Ikan Patin Di Kolam Tembok Agar Lebih Cepat Besar dan Panen Ikan patin adalah salah satu jenis ikan yang masuk dalam kelompok ikan berkumis (Siluriformes), genus Pangasius dan famili Pangasiidae. Kelompok ikan ini yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi yaitu patin dan patin siam/jambal siam. Ikan patu memiliki rasa yang lzat dan dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti pindang, digoreng atau diolah menjadi hidangan lainnya.

Budidaya Patin dapat dilakukan di berbagai jenis kolam seperti kolam terpal, kolam tanah, kolam tembok dan lainnya. Nah kali ini kita akan membahas tentang cara budidaya ikan patin di kolam tembok/kolam beton/kolam semen.

Cara Budidaya Ikan Patin Di Kolam Tembok/Kolam Beton/Kolam Semen

Persiapan Kolam Budidaya

Apabila anda menggunakan di kolam tembok/kolam beton/kolam semen, anda perlu melakukan beberapa persiapan. Namun kolam yang akan digunakan kolam baru atau kolam lama, jika kolam baru tidak ada syarat khusus yang harus dilakukan sedangkan jika anda menggunakan kolam lama, kalian harus melakukan beberapa persiapan diantaranya pembersihan kolam dari berbagai kotoran yang ada, anda dapat melakukan penyemprotan tembok atau dinding kolam dengan menggunakan larutan formalin yang dicampur dengan air, selanjutnya isi kolam dengan air setinggi 40-50 cm. Kemudian tebar larutan kalium permanganat secara merata dan diamkan air kolam selama 2 hingga 5 hari.

Penebaran Benih Ikan Patin

Jika kolam sudah selesai disiapkan, selanjutnya lakukan penebaran benih. Lakukan perhitungan padat tebar benih per m3 kolam terlebih dahulu. Anda dapat menebarkan ikan dengan kepadatan tebar 20-30 ekor per 1 m3 kolam.

Cara Penebaran benih ikan patin yaitu dengan mendiamkan benih pada kantong plastik yang mengapung di permukaan kolam selama 10 menit, kemudian buka plastik dan masukkan air kolam ke lkantong plastik tadi dengan perbandingan 0,5 air kolam dan 1 air kantong plastik selama lima menit agar benih ikan dapat beradaptasi, setelah itu ikan dapat ditebar ke kolam.

Pemberian Pakan Ikan Patin

Ikan patin yang berbobot kurang dari 200 gram/ekor, anda dapat memberikan pakan dengan porsi takaran 3%-5% pada total berat ikan. Pakan dapat diberikan sebanyak 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Apabila bobot ikan lebih dari 200 gram/ekor dapat diberikan pakan dengan takaran 1,5%-2% terhadap berat total ikan dan pakan diberikan sehari sekali yaitu pada sore hari.

Masa Panen Ikan Patin

Pemanenan ikan patin dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu pemanenan seleksi dan pemanenan total. Panen seleksi dilakukan dengan cara ikan di jaring lalu dipilih yang ukurannya sudah maksimal. Sedangkan pemanenan total dilakukan dengan cara mengambil semua ikan yang ada di dalam kolam.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Ikan Patin Di Kolam Tembok Agar Lebih Cepat Besar dan Panen“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa