Panduan Lengkap Cara Budidaya Pohon Kersen di Pekarangan Rumah Agar Cepat Berbuah Lebat dan Banyak

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Pohon Kersen di Pekarangan Rumah Agar Cepat Berbuah Lebat dan Banyak – Kersen atau talok (Muntingia calabura L.) adalah sejenis pohon sekaligus buahnya yang kecil dan manis berwarna merah cerah. Nama lain buah kersen diantaranya ceri; seri; datiles, aratiles, manzanitas (Filipina); mât sâm (Vietnam); khoom sômz, takhôb (Laos); takhop farang (Thailand); krâkhôb barang (Kamboja); dan kerukup siam (Malaysia).

Klasifikasi Ilmiah Buah Kersen
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Malvales
Famili: Muntingiaceae
Genus: Muntingia L.
Spesies: Muntingia calabura

Tanaman kersen merupakan tanaman perdu atau pohon dengan tinggi dapat mencapai 3-12 meter. Daun-daun terletak mendatar, berseling; helaian daun tidak simetris, bundar telur lanset, tepinya bergerigi dan berujung runcing, pada sisi bawah berambut kelabu rapat serta bertangkai pendek.

Buah kersen buni dengan tangkai panjang, berbentuk bulat hampir sempurna dengan diameter 1-1,5 cm, berwarna hijau kuning dan merah jika masak, dalam buah bersisi beberapa ribu biji yang kecil-kecil, halus, putih kekuningan; terbenam dalam daging dan sari buah yang manis sekali.

Buah kersen memiliki berbagai manfaat diantaranya dapat digunakan untuk obat penyakit asam urat, diabetes dan masih banyak lagi.

Cara Menanam Budidaya Pohon Kersen Di Pekarangan Rumah

Persiapan Bibit Buah Kersen

Pembibitan pada tanaman ini juga sebenarnya dapat dilakukan dengan menggunakan cara generatif maupun vegetatif. namun jika tidak ingin repot, bibit kersen dapat di peroleh dengan cara membelinya di toko tanaman bibit. Pilih bibit yang sehat, memili daun segar, memiliki batang yang tumbuh tidak lurus dan memiliki banyak percabangan pada batangnya.

Persiapan Lahan Tanam Buah Kersen

Bersihkan gulma dan tanaman pengganggu lainnya yang ada di lahan tanam. Selanjutnya, buatlah lubang tanam dengan ukuran sekitar 50 x 50 x 50 cm. Setelah itu, diamkan lubang tanam selama 2-3 hari agar racun dalam tanah hilang.

Siapkan media tanam berupa campuran tanah bekas galian dengan pupuk kandang yang telah matang dan sekam.

Penanaman Tanaman Kersen

Setelah semuanya siap, segera lakukan penanaman. Buka polybag bibit dengan hati-hati agar media tanam dan perakarannya tidak rusak. Selanjutnya, letakkan bibit dengan posisi tegak di tengah lubang tanam lalu tutup dengan media tanam yang telah disiapkan sebelumnya dan sedikit padatkan agar bibit kersen tidak mudah roboh.

Setelah penanaman selesai, lakukan penyiraman secukupnya jangan sampai membanjiri tanaman. Selain itu, lakukan pemasangan ajir dari potongan kayu sepanjang 1,5 meter yang diletakkan secara melingkar pada tanaman kersen lalu antar ajie tersebut diikat dengan kawat agar saling terkait. Tujuan pemasangan ajir ini yaitu sebagai pengganti batang induk yang akarnya masih belum kuat.

Pemupukan Susulan Pohon Kersen

Adar nutrisi yang dibutuhkan tanaman kersen terpenuhi, maka lakukan pemupukan susulan. Pemupukan tersebut dilakukan dengan menggunakan pupuk organik maupun kombinasi dengan pupuk anorganik. Pemberian pupuk ini dilakukan sekitar satu bulan sekali.

Perawatan Lainnya

Lakukan penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh di sekitar tanaman kersen. Agar pohon kersen cepat berbuah berikan hormon perangsang buah, batang dan daun setiap satu bulan sekali.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Budidaya Pohon Kersen di Pekarangan Rumah Agar Cepat Berbuah Lebat dan Banyak“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa