Panduan Lengkap Cara Budidaya Talas Yang Baik Dan Benar

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Talas Yang Baik Dan Benar Agar Hasil Melimpah

Talas ialah salah satu tanaman penghasil umbi yang berasal dari suku Araceae atau talas-talasan. Tanaman dengan nama ilmiah Colocasia esculenta ini diduga berasal dari Asia Tenggara atau Asia Tengah bagian selatan. Terdapat 4 macam jenis talas yaitu Talas Pandan, Talas Ketan, Talas Banteng, dan Talas Lahun Anak.

  • Talas Pandan yaitu talas yang apabila sudah direbus memiliki bau seperti pandan wangi. Talas ini memiliki warna sedikit ungu dan pada bagian pangkal pelepahnya memiliki warna agak merah.
  • Talas Ketan yaitu talas yang agak lengket seperti ketan yang sudah direbus. Talas ini memiliki warna hijau mudaq dan sering membuat anakan sangat banyak. Talas ketan ini juga dikenal dengan nama talas bogor atau talas lambao.
  • Talas Banteng yaitu talas yang memiliki ukuran umbi yang besar namun rasanya tidak enak. Talas ini memiliki tangkai berwarna ungu.
  • Talas lahun anakan yaitu talas yang memiliki banyak anakan namun ukurannya kecil-kecil.

Cara Budidaya Talas

a. Syarat Tumbuh
Talas dapat tumbuh pada daerah yang memiliki ketinggian hingga 1000 mdpl dengan suhu sekitar 21°C hingga 27°C dan curah hujan sekitar 1000 mm/tahun. Lahan yang digunakan untuk budidaya talas sebaiknya memperoleh sinar matahari yang penuh karena tanaman talas sangat membutuhkannya.

Talas dapat tumbuh di berbagai jenis tanah namun tanah yang baik yaitu tanah yang banyak mengandung humus dan air yang cukup dengan pH atau derajat keasaman tanah sekitar 5,5 hingga 5,6.

b. Pengolahan Lahan Tanam
Tanah pada lahan tanam yang akan digunakan untuk budidaya talas di gemburkan terlebih dahulu dengan cara dicangkul atau di bajak dengan kedalaman sekitar 20 cm hingga 30 cm. Selauin bertujuan untuk menggemburkan tanah, hal tersebut dilakukan untuk menyingkirkan gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang mengganggu tanaman. Setelah itu diamkan lahan selama sekitar 3 hari. Kemudian tanah diratakan kembali dan dibuatlah bedengan dengan ketinggian sekitar 20 cm.

c. Pembibitan Talas
Ada 2 cara pembibitan yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan tunas dan juga menggunakan umbi.
Tunas untk bibit diambil dari talas yang telah berumur sekitar 5 hingga 7 bulan yaitu tunas yang ke-2 dan ke-3. Apabila pembibitan dilakukan dengan menggunakan umbi maka sebaiknya pilih umbi yang tumbuh dekat dfengan titik tumbuh. Kemudian potong-potong dan tinggalkan satu mata bakal tunas. Umbi yang telah dipotong-potong kemudian dianginkan terlebih dahulu dan waktu disemaikan lapisan bagian dalam irisaan dilapisi abu. Setelah bibit memiliki 2-3 helai daun maka bibit dapat dipindah tanamkan ke lahan tanam.

d. Penanaman Talas
Setelah semuanya siap, segera lakukan penanaman. Pada bedengan, buatlah lubang tanam sedalam 30 cm dan beri jarak sekitar 75 x 75 cm dan lakukan penanaman.

e. Pemeliharaan Tanaman Talas

  • Pemupukan
    Lakukann pemupukan dengan menggunakan pupuk kompos ataupun pupuk kandang yang telah matang. Selain menggunakan pupuk tersebut, pemupukan dapat juga dilakukan dengan menggunakan pupuk kimia seperti pupuk NPK, Urea, KCl dan SP-36. Apabila melakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk kimia, pemupukan terwsebut dilakukan setelah tanaman berumur sekitar 3 bulan hingga 4 bulan. Cara pemberian pupuk tersebut yaitu dengan cara ditugal sedalam 4cm-5cm dan berjarak 5 cm dari pangkal tanaman.
  • Penyiraman
    Lakukan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore hari, apalagi pada musim kemarau.
  • Penyulaman
    Lakukan penyulaman pada tanaman yang tumbuh tidak optimal ataupun yang mati dan ganti dengan tanaman yang baru. Penyulaman ini baik dilakukan sebelum tanaman berumur 15 hari setelah tanam.

f. Pemanenan Talas
Talas sudah dapat dipanen setelah berumur sekitar 6 hingga 9 bulan, Namun ada juga yang dapat dipanen setelah berumur 4 bulan bahkan ada yang dapat dipanen setelah berumur 4-5 bulan.
Pemanenan talas dilakukan dengan cara menggali umbi dan mencabut pohonnya kemudian potong pelepahnya sepanjang 20-30 cm dari pangkal umbi. Lalu bersihkan umbi talas tersebut.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Talas Yang Baik Dan Benar“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa