Cara Budidaya Tanaman Hias Pandan Bali “Peluang Bisnis Menjanjikan”

Posted on

Cara Menanam Budidaya Tanaman Hias Pandan Bali “Peluang Bisnis Menjanjikan” Bagi Pemula

Pandan Bali atau Cordyline australis atau disebut juga dengan cabbage tree atau cabbage palm ini merupakan salah satu tanaman hias daun yang berasal dari Selandia Baru. Pandan Bali ini bisa menjadi tanaman hias di ruangan ataupun tanaman penghias di taman. Ada 2 jenis pandan bali yaitu pandan bali lurus dan pandan bali bercabang.

Kini banyak orang yang menanam tanaman pandan bali ini untuk tanaman hias di ruangan atau taman mereka.  Jika di gunakan sebagai tanaman hias ruangan maka tanaman hias pandan bali di tanam dalam pot, dan untuk di taman biasanya di tanam langsung di tanah atau ditanam menggunakan pot tanam. Berikut adalah cara menanam dan merawat tanaman hias pandan bali :

a. Pembibitan Pandan Bali
Pembibitan tanaman hias pandan bali ini dilakukan dengan cara perbanyak tunas. Cara perbanyakan tersebut cukup mudah yaitu hanya dengan memisahkan tunas yang sudah muncul menggunakan pisau yang tajam. Pemisahan tunas ini harus dilakukan dengan hati-hati jangan sampai merusak sistem perakaran tanaman hias Pandan Bali tersebut. Jika sudah, letakkan tunas tersebut di tempat yang lembab beberapa saat sebelum di tanam agar bibit tersebut tidak layu.

b. Penanaman Pandan Bali
Sebelum penanaman siapkan terlebih dahulu siapkan media tanamnya. Media tanam yang digunakan yaitu berupa campuran tanah dengan pupuk kandang atau pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1. Setelah itu, buatlah lubang tanam dengan kedalaman sekitar 22 cm hingga 27 cm. Tanamlah bibit tanaman hias pandan bali dengan arah tegak lurus dalam lubang tanam yang telah dibuat, setelah itu timbun kembali dengan media tanam bekas galian lalu padatkan agar tabaman tidak gampang roboh jika terkena hujan atau angin.

c. Perawatan Tanaman Hias Pandan Bali

  • Penyiraman Tanaman Pandan Bali
    Agar tanaman tidak layu dan dapat tumbuh dengan baik lakukan penyiraman secara teratur 2 kali sehari yaitu setiap pagi dan sore hari.
  • Penyiangan Dan Pemupukan Tanaman Pandan Bali
    Penyiangan pada tanaman hias pandan bali maksudnya yaitu dengan upaya pemotongan pemangkasan untuk memastikan tanaman pandan bali dapat tumbuh dengan cantik. Dengan melakukan pemangkasan di beberapa bagian dari tanaman hias pandan bali, maka pertumbuhan tanaman hias ini pun akan semakin maksimal. Hal tersebut disebabkan karena adanya penyerapan nutrisi ke dalam sistem pertumbuhan tanaman menjadi semakin cepat dan mudah. Sama seperti tumbuhan lain, tanaman hias pandan bali juga membutuhkan asupan gizi dari pupuk. Sebaiknya penyiangan dan pemupukan dilakukan secara bersama pada sekitar waktu 2 bulan sekali.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Tanaman Hias Pandan Bali “Peluang Bisnis Menjanjikan”“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa