Cara Menanam Budidaya dan Merawat Palem Putri Sebagai Tanaman Hias Di Rumah, Sangat Mudah!

Posted on

Cara Menanam Budidaya dan Merawat Palem Putri Sebagai Tanaman Hias Di Rumah, Sangat Mudah! – Palem putri (Veitchia merillii (Beec) H.F.Moors) adalah salah satu jenis palem yang banyak ditemui sebagai tanaman pinggir jalan ataupun tanaman hias dalam pot atau pekarangan rumah. Bentuk palem ini mirip dengan palem raja namun palem putri lebih terlihat mencolok pada bagian daunnya yang lebih lebar dan warnanya yang lebih hijau.

Karena bersifat kosmopolit, tanaman palem ini dapat tumbuh diberbagai iklim, tropis, subtropis, dataran rendah, tinggi, pegunungan, pantai, tanah fertile dan gersang.

Cara Menanam Budidaya dan Merawat Palem Putri

Persiapan Bibit Palem Putri

Pembibitan palem putri dapat dilakukan melalui biji. Ambil biji yang sudah tua atau telah jatuh ke tanah. Kemudian rendam biji tersebut dalam air lalu kupas kulit atau buahnya dengan cara digosok.

Selanjutnya, tiriskan dan jemur hingga kering. Biji yang kering dapat disimpan selama setahun asalkan bersih, kering dan tertutup. Setelah itu, rendam biji dalam air yang mengandung dithane M45 sebanyak 2cc/ liter. Untuk biji yang keras, biji perlu direndam selama 2-3 hari, jika bijinya lunak hanya membutuhkan 6-12 jam perendaman.

Jika ingin biji palem putri cepat berkecambah, rendam biji sekitar 4 hari dalam lumpur. Biji lunak dan basah bisa dimasukan ke polybag, kantong plastik atau karung guna merangsang pertumbuhan kecambahnya, semprotkan air ke dalamnya, ikat dan simpan di lokasi yang teduh. Spesifik untuk pohon palem ini biasanya cukup 2- 4 minggu. Selanjutnya simpan dalam wadah yang sudah diisi gambut, jika akarnya telah tumbuh.

Jika sudah, sediakan media tanam berupa campuran sekam padi, pasir, pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1, berikan dithane M45 dengan dosis yang dianjurkan. Masukan ke dalam polybag dan sejenisnya dengan ukuran 90% dari volume. Tancapkan bibit palem putri hanya 1/3 bagian saja dan berjarak rapat, dengan pertimbangan akar langsung menembus media. Lalu, taburi pasir selapis, sebagai epilog wadah cukup dengan plastik bening, tempatkan di keteduhan. Jika selama 2-3hari terjadi kekeringan semprotkan air dan tutup kembali. Jika daun telah tumbuh 2-4 lembar, segera lakukan pemindahan tanam.

Cara Menanam Palem Putri

Siapkan media tanam berupa campuran sekam padi, tanah, pupuk dan masukkan ke dalam wadah. Saat mencongkel bibit pastikan alat bersih dan lakukan secara hati-hati lalu celupkan akarnya ke dalam fungisida dithane M45 2cc/ liter.

Tanam bibit ke dalam tiap pot dan tempatkan di lokasi yang teduh. Gunakan pupuk NPK setiap 1,5 bulan sesuaikan dosis dengan tinggi dan besar tanaman jika polybag yang digunakan berdiameter 15-20 cm cukup beri ½ sendok teh. Lakukan penyiraman setiap hari, perawatan dilakukan 6-8 bulan dan kurangi keteduhannya secara perlahan-lahan agar terbiasa dengan terik matahari.

Cara Merawat Palem Putri

Penyiraman palem putri dapat dilakukan seperlunya saja, jangan berlebihan. Lakukanlah pemupukan secara berkala, sebulan sekali dengan menggunakan pupuk NPK. Kadar pupuk yang diberikan harus disesuaikan dengan tingginya palem.

Jika tanaman palem sudah bertambah besar dan dirasa pot sudah tidak muat, segera lakukan pergantian pot dengan menggunakan pot yang berukuran lebih besar.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Budidaya dan Merawat Palem Putri Sebagai Tanaman Hias Di Rumah, Sangat Mudah!“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa