Cara Menanam Budidaya Kemangi di Pot atau Polybag Di Rumah

Posted on

Cara Menanam Budidaya Kemangi di Pot atau Polybag Di Rumah – Kemangi (Ocimum basilicum) adalah tanaman perdu yang memiliki ketinggian mencapai 100 cm, berbatang tegak dan bercabang banyak, kemangi juga memiliki aroma daun yang khas.

Kemangi merupakan tumbuhan tahunan yang tumbuh tegak dengan cabang yang banyak. Tanaman ini berbentuk perdu yang tingginya dapat mencapai 100 cm. Bunganya tersusun di tandan yang tegak. Daunnya panjang, tegak, berbentuk taji atau bulat telur, berwarna hijau muda dan berbau harum. Ujung daun bisa tumpul ataupun tajam dengan panjang mencapai 5 cm, memiliki permukaan bergerigi atau rata. Wanginya seperti cengkeh dan rasanya pahit.

Klasifikasi Kemangi
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Lamiales
Famili: Lamiaceae
Genus: Ocimum
Spesies: Ocimum √ócitriodorum

Kemangi biasanya digunakan untuk lalapan atau juga sebagai campuran masakan seperti pindang, pepes dan berbagai macam masakan lainnya. Karena manfaatnya, kemangi banyak ditanam dan dibudidayakan. Jika kalian tidak memiliki lahan yang luas, kalian dapat menanam kemangi di pot atau polybag. Berikut cara selengkapnya:

Cara Menanam Kemangi di Pot/Polybag Tanam

Persiapan Tempat dan Media Tanam Kemangi

Siapkan tempat tanam berupa pot/polybag berukuran sedang dengan diameter sekitar 30 cm. Siapkan media tanam berupa tanah dan bokashi dengan perbandingan 1:1, lalu tambahkan insektisida furadan 3g sebanyak 2 sendok makan per pot. Setelah itu, masukkan media tanam yang sudah disiapkan ke dalam pot/polybag tanam.

Persiapan Bibit Kemangi

Perbanyakan bibit kemangi dapat dilakukan melalui biji. Bibit tersebut dapat diperoleh dengan membelinya toko pertanian atau bisa juga dengan membuat/menyiapkan bibit sendiri yaitu dengan cara mencari tanaman kemangi yang sudah tua lalu gosok dengan tangan hingga bibitnya tampak berupa biji berukuran kecil berwarna hitam.

Cara Menanam Kemangi Dalam Pot

Jika semua sudah siap, segera lakukan penanaman. Namun sebelumnya, media tanam dalam pot disiram terlebih dulu hingga basah, kemudian barulah taburkan biji bibit kemangi ke media tanamdan tutup kembali dengan tanah yang lembut.

Cara Merawat Kemangi Dalam Pot

Pada awal tanam, lakukan penyiraman setiap hari, jika sudah tumbuh maka penyiraman dapat dilakukan 2 (dua) hari sekali secukupnya saja. Lakukan penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar tanaman kemangi dalam pot setiap 2 minggu sekali. Jika tanaman kemangi tumbuh terlalu padat, maka lakukan penjarangan.

Lakukan pula, pemupukan setiap 2-3 minggu sekali dengan menggunakan pupuk kompos atau bokashi. Secara pupuk tersebut secara merata dalam pot/polybag kemudian siram hingga pupuk larut. Selain itu, pupuk yang digunakan dapat berupa pupuk organik cair.

Masa Panen Kemangi

Kemangi dapat dipanen atau dipetik setelah berumur 55 hari tergantung pada tingkat kesuburan tanah atau media tanam yang digunakan.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Budidaya Kemangi di Pot atau Polybag Di Rumah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa