Panduan Cara Menanam Budidaya Okra Dalam Pot Di Rumah Bagi Pemula

Posted on

Panduan Cara Menanam Budidaya Okra Dalam Pot Di Rumah Bagi Pemula – Okra atau Bendi (Abelmoschus esculentus Moench) adalah sejenis tanaman berbunga yang masuk dalam suku Malvaceae. Buah okra biasanya dimanfaatkan sebagai sayuran dan diolah menjadi berbagai masakan. Buah okra muda berwarna hijau, penampilan buahnya hampir mirip dengan cabai hijau besar, namun disekeliling kulitnya berbulu halus. Buah okra memiliki ukuran yang kecil menempel di dinding buah. Tekstur yang dimiliki oleh okra hampir mirip dengan terong, jika dimask rasanya renyah dan berlendir.

Tanaman okra ini berasal dari Ethiopia den kemudian menyebar luas ke beberapa wilayah Asia termasuk Indonesia. Nama lain dari Okra yaitu Lady’s fingers, dan gumbo dan gendi.

Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Malvales
Famili: Malvaceae
Genus: Abelmoschus
Spesies: Abelmoschus esculentus

Okra memiliki rasa yang lezat dan segar, biasanya okra dijadikan lalapan, sayuran rebus, tumis dan juga asinan. Okra ini memiliki kandungan gizi yang tinggi serat, antioksidan dan vitamin c.

Bagi anda yang ingin menanam okra dan tidak memiliki lahan yang luas, anda dapat menanam okra dalam pot. Berikut selengkapnya:

Cara Menanam Budidaya Okra Di Dalam Pot

Syarat Tumbuh

Tanaman okra dapat tumbuh maksimal pada daerah dengan ketinggian sekitar 600-700 mdpl. Tanaman okra membutuhkan sinar matahari secara penuh dan menghendaki curah hujan yang sedang. Derajat keasaman atau pH untuk menanam okra yaitu sekitar 5,5 hingga 7.

Persiapan Bibit Okra

Tanaman okra diperbanyak dengan menggunakan biji, biji benih tersebut dapat anda peroleh dengan membuatnya sendiri atau membelinya di toko pertanian. Setelah benih diperoleh, selanjutnya rendap biji terlebih dahulu sela asehari penuh.

Persiapan Media Tanam dan Pot Tanam

Media tanam yang perlu disiapkan yaitu berupa campuran tanah dan pupuk kandang. Namun jika tidak ada pupuk kandang, pupuk kandang dapat digantikan dengan pupuk NPK.

Jika media tanam telah siap, selanjutnya masukan media tanam ke dalam pot. Pot yang digunakan untuk menanam dapat disesuaikan.

Cara Menanam Okra Dalam Pot

Jika semuanya sudah siap, segera lakukan penanaman. Tanam biji pada media tanam yang sudah disiapkan sebelumnya. Tanam biji pada kedalaman sekitar 1-2 cm dan biasanya biji akanmulai berkecambah setelah berumur sekitar 6 hingga 21 hari.

Cara Merawat Okra Dalam Pot

Lakukan penyiraman seperlunya saja, sesuaikan dengan kondisi cuaca dan media tanam. Saat kemarau dan tanah kering, maka penyiraman dapat dilakukan setiap hari namun jika cuacara normal maka penyiraman dapat dilakukan seminggu 2 kali.

Pemupukan tidak harus dilakukan, jika tanaman tetap subur maka pemupukan yoidak perlu dilakukan. Lakukan pula penyiangan pada gulma atau tanaman lainnya yang tumbuh di pot.

Jika tanaman terserang hama, maka lakukan penyemprotan menggunakan insektisida sesuai dosis yang dianjurkan.

Masa Panen Okra

Okra dapat mulai dipanen setelah berumur sekitar 2 bulan setelah tanam. Lebih enak lagi jika okra dipanen sebelum terlalu tua karena jika potnya sudah tua, rasanya sudah tidak begitu segar. Ukuran pod yang pas untuk dipanen yaitu sekitar 7 cm. Pemanenan okra dapat dilakukan setiap 2 hari sekali setelah pemanenan pertama.

Demikian artikel tentang”Panduan Cara Menanam Budidaya Okra Dalam Pot Di Rumah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa