Cara Menanam dan Budidaya Bunga Bokor Di Rumah Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Budidaya Bunga Bokor Di Rumah Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula – Hortensia (Hydrangea) merupakan nama genus dari 70 hingga 75 spesies tumbuhan berbunga yang berasal dari Asia Timur dan Asia Selatan seperti Jepang, Tiongkok, Himalaya, dan Indonesia; Amerika Utara dan Amerika Selatan. Bunga hydrangea ini juga memiliki nama lain bunga bokor atau kembang bokor, bunga tiga bulan atau bunga masamba.

Tanaman bunga ini merupakan tanaman semak yang dapat tumbuh dengan ketinggian 1 hingga 3 meter, ada juga yang merambat pada tumbuhan lain dan dapat tumbuh dengan ketinggian sekitar 30 meter. Daun bunga bokor ini berbentuk bulat telur dengan tepi bergerigi dan berwarna hijau muda berkilau. Bunga bokor ini memiliki banyak warna diantaranya seperti putih, biru, merah, merah muda (pink), ungu, biru muda dan lain sebagainya.

Klasifikasi ilmiah Bunga Bokor
Kingdom: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Eudikotil
(tidak termasuk): Asteridae
Ordo: Cornales
Famili: Hydrangeaceae
Genus: Hydrangea

Bunga bokor ini bersifat sedikit sedikit beracun apabila dimakan karena semua bagian tanaman mengandung glukosida sianogenik. Namun daun dan akar bunga bokor ini dimanfaatkan sebagai tanaman obat.

Cara Menanam dan Budidaya Bunga Bokor

Cara Pembibitan Bunga Bokor

Perbanyakan bunga bokor ini dapat dilakukan dengan cara stek akar. Caranya yaitu pilih fan pisahkan tunas yang baru keluar dari akar tanaman induk. Pisahkan dengan menggunakan pisau dengan hati-hati jangan sampai batang dan akarnya rusak. Selanjutnya, bibit tersebut dapat langsung ditanam di media tanam.

Cara Menanam Bunga Bokor

Sebelum melakukan penanaman bunga bokor ini, pertama siapkan dan olah media tanam yangt bisa dibuat dari campuran tanah dan pupuk kandang atau pupuk kompos halus dengan perbandingan 1 : 1. Jika media tanam sudah siap, tanam bibit yang sudah disiapkan . Lakukan penanaman dengan benar dan hati-hati. Timbun dan padatkan media tanam di sekitar pankal bibit agar bibit tidak mudah roboh terkena hujan atau angin.

Cara Merawat Bunga Bokor

Perawatan yang dapat dilakukan pada bunga bokor yaitu penyiraman dan pemupukan. Penyiraman bunga bokor dapat dilakukan secara berkala minimal 5 hingga 7 hari sekali. Sedangkan pemberian nutrisi berupua pupuk dapat dilakukan setiap 3 bulan sekali.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Budidaya Bunga Bokor Di Rumah Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula“,┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa