Cara Menanam dan Merawat Anggur Brazil (Jaboticaba) Agar Cepat Berbuah Lebat Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Anggur Brazil (Jaboticaba) Agar Cepat Berbuah Lebat Bagi Pemula – Anggur Brazil/Anggur Batang/Anggur Pohon atau yang sering disebut dengan Jaboticaba atau Jabuticaba merupakan tanaman pohon buah dari famili Myrtaceae yang berasal dari Amrika Selatan, seperti Brazil, Argentina, Paraguay, Bolivia.

Meskipun nama buah ini anggur tapi tanaman ini berbeda dengan tanaman anggur pada umumnya karena tanaman anggur tidak membutuhkan para-para sebagai tempat merambatnya sebab anggur ini memiliki batang pohon yang kokoh untuk menopang buahnya.

Pohon Anggur Brazil atau Jabuticaba memiliki banyak cabang. Buah anggur brazil matang berkulit ungu pekat kehitam-hitaman dengan kulit tipis namun kencang dengan diameter sekitar 3-4 cm. Dalam satu buah terdapat 1-5 biji kecil. Buah muda berwarna hijau, daging buahnya berwarna putih dengan rasa manis asam. Kulit tipis yang membungkus daging putih bening itu terasa lembut apabila dikulum. Karena sifat kulitnya kencang, di Brazil kulit yang dikeringkan digunakan sebagai obat diare, asma atau radang.

Klasifikasi Anggur Brazil
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Myrtales
Famili: Myrtaceae (suku jambu-jambuan)
Genus: Myrciaria
Spesies: Myrciaria cauliflora

Cara Menanam dan Merawat Anggur Brazil

Syarat Tumbuh Anggur Brazil

Tanaman Anggur Brazil/Anggur Batang/Anggur Pohon atau Jaboticaba/Jabuticaba ini bisa tumbuh dan berkembang dengan baik pada daerah dengan ketinggian mulai 0 hingga 1000 m dpl. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari secara langsung namun agak ternaungi, lahan tanam memiliki tanah gembur, drainase baik dan pH 5,5-6,5. Tanaman ini toleran terhadap angin namun tidak dengan udara asin laut.

Cara Perbanyakan Bibit Anggur Brazil

Perbanyakan bibit atau pembibitan anggur brazil dapat dilakukan melalui biji maupun cangkok. Namun pembibitan melalui biji akan membuat tanaman akan hidup sangat lama, memiliki akar kuat serta memiliki bentuk tajuk, namun pertumbuhannya cukup lambat.

Persiapan Tempat dan Lokasi Penanaman

Anggur brazil dapat ditanam di pot maupun langsung ke lahan tanam baik di perkebunan atau pekarangan rumah. Lokasi yang baik untuk menanam anggur batang ini yaitu lahan yang bersih dari gulma, tidak terlalu sempit, tanah kaya akan unsur hara dan lahan tersinari matahari secara langsung

Setelah lokasi penanaman ditentukan, selanjutnya buatlah lubang tanam dengan menggunakan cangkul, lubang tanam tersebut diibuat dengan ukuran 50 cm x 50 cm x 50 cm. Kemudian, tanah bekas galian dapat dicampur dengan pupuk kompos atau pupuk kandang yang sudah terfermentasi dan sekam, lalu tutup dengan plastik lalu diamkan. Diamkan lubang tanam selama 2-3 hari, tujuannya agar menghilangkan gas racun pada tanah.

Cara Menanam Anggur Brazil

Jika lahan dan bibit sudah siap, selanjutnya lakukan penanaman. Ambil bibit anggur brazil yang sudah siap lalu lepaskan polybag tanamnya dengan hati-hati, jangan sampai media tanam dan akarnya rusak. Setelah itu, masukkan bibit ke lubang tanam dengan posisi tegak.

Tutup kembali lubang tanam dengan media tanam yang sudah disipkan sebelumnya lalu padatkan media tanam disekitar bibit lalu lakukan penyiraman dan berikan ajir bambu berukuran 1,5 meter sebagai penopang bibit.

Cara Merawat Anggur Brazil

Lakukan penyiraman secara rutin sebanyak 1-2 kali sehari, namun penyiraman tersebut disesuaikan dengan kelembaban tanah pada lahan. Lakukan pula pemberian nutrisi terhadap tanaman dengan melakukan pemupukan, pupuk yang digunakan dapat berupa pupuk organik maupun kombinasi pupuk kimia. Pemupukan ini dilakukan secaara rutin setiap 1 bulan sekali.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Anggur Brazil (Jaboticaba) Agar Cepat Berbuah Lebat Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa