Cara Mudah Menanam dan Merawat Bunga Adam Hawa Di Rumah Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Bunga Adam Hawa Bagi Pemula – Bunga adam hawa, nanas kerang, daun sesongkokan, atau bangka bangkaan adalah tanaman hias daun, daun tanaman adam hawa berbentuk lancip mulus dengan dua warna yaitu berwarna hija pada bagian atasnya dan merah maroon hingga ungu pada bagaian bawahya. Karena hal tersebutlah maka bunga ini diberi nama adam hawa. Bunga ini tumbuh dalam satu rumpun dengan jumlah daun perumpun mencapai 10-15 helai pada usia dewasa. Bunga ini sangat mudah dikembangbiakkan dan sangat adaptif terhadap semua jenis lahan tanam baik di pot, polybag, maupun pekarangan rumah. Bunga adam hawa juga dapat tumbuh dengan baik dalam ruangan yang hanya sedikit terkena sinar matahari langsung.

Klasifikasi Adam Hawa
Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Super Divisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Sub Kelas: Commelinidae
Ordo: Commelinales
Famili: Commelinaceae
Genus: Rhoeo
Spesies: Rhoeo discolor

Cara Menanam dan Merawat Bunga Adam Hawa

Pembibitan Bunga Adam Hawa

Pembibitan bunga adam hawa dapa dilakukan melalui stek umbi rimpang, bibit yang diambil yaitu bibit yang minimal telah masuk usia tanam satu tahun. Pilih bibit dari rimpang yang sehat dengan jumlah daun yang banyak dan panjang. Cara stek umbi rimpang bunga adam hawa yaitu dengan cara gali dan potong bagian akarnya lalu rendam dalam air beberapa saat sebelum di tanam dalam lubang tanam.

Persiapan dan Penanaman Bunga Adam Hawa

Pertama, buat media tanam dari campuran tanah gembur dan kompos/pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Kemudian, sediakan pot/polybag tanam, sebaiknya sesuaikan dengan letak penempatannya. Umumnya pot/polybag tanam yang digunakan yaitu pot/polybag tanam berdiameter 5-30 cm dengan jumlah tanaman antara 1-6 tanaman. Pastikan pot atau polybag memiliki sistem drainase yang baik sehingga tanaman tidak membusuk karena genangan air.

Jika semua sudah siap, segera lakukan penanaman, tanam bibit bunga adam hawa tersebut di lubang pada media tanam lalu tutup kembali dengan media tanam disekitarnya dan padatkan lalu basahi tanah agar sedikit lembab.

Perawatan Bunga Adam Hawa

Lakukan penyiraman hingga 1 minggu setelah tanam. Lakukan pula pemupukan jika tanaman sudah muncul tunas baru dengan urea atau pupuk organik sebanyak 200 gr. Lakukan pengulangan pemupukan selama sebulan sekali hingga tanaman bunga berumur 3 bulan, selanjutnya berikan jika perlu saja. Jangan lupa lakukan penyiraman jika kondisi tanah kering dan cuaca panas. Letakkan sesekali tanaman ke tempat yang terkena sinar matahari agar tanaman tumbuh subur.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Adam Hawa Bagi Pemula“,┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa