Cara Menanam dan Merawat Bunga Calathea Yang Baik dan Benar

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Bunga Calathea Yang Baik dan Benar – Calathea ornata atau kalatea merupakan salah satu spesies tanaman perennial yang berasal dari Amerika Selatan terutama Kolombia dan venezuela. Namun kini tanaman bunga kalatea ini banyak dijadikan sebagai tanaman hias indoor di berbagai negara.

Klasifikasi Ilmiah Calathea 
Kingdom: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Monokotil
(tidak termasuk): Commenlinids
Ordo : Zingiberales
Famili: Marantaceae
Genus: Calathea
Spesies: Calathea ornata

Tanaman hias Calathea ini memiliki daun yang muncul dari roset pusat dan beberapa muncul dari batang yang pendek. Daun tersebut lebar dengan bentuk elips atau oval dengan warna hijau dan merah keunguan. Tanaman hias Calathea ini sensitif terhadap cahaya gelapdan akan menggulung daunnya pada malam hari sehingga tanaman calathea ini disebut dengan prayer plant.

Calathea merupakan tanaman bunga daun yang unik dengan bentuk daun yang lebar memanjang dengan motif garis-garis putih di sepanjang tulang daun hingga tepian daunnya. Jika anda ingin menjadikan bunga ini sebagai tanaman hias, tanamn ini cocok karena tergolong jenis tanaman hias yang mudah tumbuh dengan penanaman dan perawatan yang sangat mudah.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Calathea

Cara Pembibitan Bunga Calathea

Tanaman Calathea merupakan tanaman rumpun, jadi dalam pembibitannya dapat dilakukan dengan memisahkan rumpun bibit dari rumpun induknya. Pilihlah tanaman rumpun yang sehat dan tidak terserang hama dan penyakit. Pisahkan rumpun anakan dengan rumpun induk dengan hati-hati selanjutnya letakkan sementara bibit di tempat lembab dan basah.

Cara Menanam Bunga Calathea

Pertama, siapkan terlebih dahulu media tanam. Media tersebut dapat berupa campuran tanah dan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 1:1 lalu kedua bahan tersebut diaduk hingga merata. Jika sudah siap, kemudian tanam bibt sedalam 5 cm sampai 10 cm, jangan lupa padatkan media tanam di sekitar bibit agar bibit tidak roboh. Berikan air agar media tanam tetap terjaga lembab.

Cara Merawat Bunga Calathea

Bunga calathea sangat mudah dalam perawatannya, perawatan yang perlu dilakukan yaitu cukup dengan melakukan penyiraman seperlunya saja apabila media tanam tanaman kering. Selain itu, lakukan penyiangan dan pemupukan secara berkala yang sebaiknya dilakukan setiap sebulan sekali.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Calathea Yang Baik dan Benar“,¬†semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa