Cara Menanam dan Merawat Bunga Katsuba Di Rumah Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Bunga Katsuba Di Rumah Bagi Pemula – Bunga Kastuba atau Poinsettia (Euphorbia pulcherrima) merupakan tanaman bunga subtropis  yang berasal dari Meksiko bagian Selatan dan Amerika Tengah.Tanaman bunga katsuba ini merupakan tanaman perdu, batang berkayu dan bergetah putih yang memiliki ketinggian sekitar 60 cm sampai 6 meter. Daun katsuba berbentuk oval dengan panjang sekitar 7-16 cm. Warna daun bunga katsuba berwarna merah saat masih muda dan akan berwarna hijau jika semakin tua. Bunga katsuba memiliki akar tunggang dengan warna kuning.

Bunga katsuba atau cyathia terletak bergerombol di ujung batang tersusun dalam rangkaian dan tidak memiliki daun mahkota, namun di bawahnya terdapat daun bagian atas (braktea) yang berwarna merah tua, merah jambu dan putih. Daun tanaman bagian atas yang memiliki warna menarik pada tanaman katsuba tersebut sering disangka sebagai bunga.

Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Malpighiales
Famili: Euphorbiaceae
Genus: Euphorbia
Spesies: E. pulcherrima

Karena warna yang cerah, bunga katsuba ini sering dijadikan hiasan saat hari natal sehingga tanaman bunga katsuba ini disebut dengan Christmas Flower. Selain itu, bunga katsuba juga dapat dijadikan tanaman hias teras rumah dan juga dekorasi sebuah event. Harga bunga katsuba dalam pot yaitu sekitar 50 ribu hingga 70 ribu rupiah.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Katsuba

Persiapan Bibit Bunga Katsuba

Bunga katsuba akan tumbuh dengan baik apabila ditanam pada tempat yang terkena sinar matahari secara langsung, namun tanaman bunga katsuba ini tetap membutuhkan sinar matahari terutama pada pagi hari. Suhu ruang tanam bunga katsuba memiliki rata-rata harian sekitar 21°C. Apabila lebih maka tanaman katsuba akan cenderung memiliki masa hidup pendek.

Tanaman katsuba dapat diperbanyak dengan cara stek batang. Bibit stek tanaman katsuba dipilih dari tanaman induk yang sehat, memiliki pertumbuhan yang baik, bebas dari hama penyakit dan bersifat unggul.

Cara Menanam Bunga Kastuba

Pertama, siapkan media tanam berupa campuran tanah, sekam bakar dan pupuk kandang dengan perbandingan sekitar 1:3:1. Setelah media tanam siap, selanjutnya masukkan media tanam ke dalam pot atau polybag tanam yang memiliki diameter sekitar 15 cm. Setelah itu, tanam bibit ke dalam pot atau polybag yang telah diisi dengan media tanam. Jika penanaman sudah selesai, siram dengan cara di gembor lalu letakkan di tempat yang teduh.

Cara Merawat Bunga Katsuba

Lakukan penyiraman secara rutin setiap hari dengan konsentrasi 100 cc/pot, tapi disesuaikan dengan kelembaban udara yang ada di sekitarnya, cuaca tidak terlalu panas , maka konsentrasi penyiraman tanaman dapat dikurangi.

Lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk yang kaya akan kandungan unsur hara N agar tanaman tumbuh dengan baik, berdaun lebar dan juga hijau. Setelah mulai berbunga, lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk yang mengandung unsur fosfor tinggi. Lakukan pula pemupukan dengan menggunakan pupuk NPK dengan perbandingan 20:20:20 setiap 2 minggu sekali. Jika diperlukan anda dapat melakukan pergantian media tanam.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Katsuba Di Rumah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa