5 Panduan Lengkap Cara Menanam Dan Merawat Bunga Sedap Malam Bernilai Jual Tinggi

Posted on

5 Panduan Lengkap Cara Menanam Dan Merawat Bunga Sedap Malam Bernilai Jual Tinggi

Hai Sahabat….Kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Bunga Sedap Malam. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan berikut ini.

Bunga Sedap Malam (Polianthes tuberosa) adalah salah satu jenis tanaman bunga hias yang dimana bunganya akan mekar dan berbunga pada malam hari. Tanaman bunga hias sedap malam ini di perkirakan berasal dari Meksiko. Bunga ini di beri nama sedap malam karena bunga ini memiliki bau harum yang berbeda dengan tanaman hias lainnya. Bunga sedap malam memiliki bunga dengan beberapa varian warna yaitu merah, kuning, dan putih.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Ordo: Asparagales
Famili: Agavaceae
Genus: Polianthes
Spesies: P. tuberosa

Walau ada bunga yang berwarna merah dan kuning, kebanyakan bunga sedap malam yang sering ditanam adalah bunga yang berwarna putih. Berikut adalah cara menanam bunga sedap malam :

a. Syarat Tumbuh
Bunga Sedap Malam, dapat tumbuh maksimal pada daerah dataran rendah dengan tingkat keasaman atau pH tanah berkisar antara 5 hingga 5,8. Tidak hanya pada daerah dataran rendah saja bunga sedap malam dapat tumbuh, pada daerah datarn tinggi pun bunga ini dapat tumbuh namun hanya saja bunganya tidak akan terlalu mekar dan tangkainya lebih malas.

b. Pembibitan
Bibit diperoleh dari umbi tanaman yang sudah tua yaitu sekitar berumur 2 tahun dengan ukuran umbi sekitar 2 atau 3 cm. Setelah umbi didapatkan, keringkan umbi hingga 3 atau 4 minggu, Setelah itu simpan umbi bibit sekitar 1,5 bulan agar umbi dapat mudah tumbuh tunas.

c. Media Tanam
Media tanam bunga sedap malam bunga dapat di buat dari campuran pupuk kandang atau pupuk kompos halus dengan arang sekam dan tanah dengan dosis perbandingan 1 : 1 : 1, setelah media tanam siap, selanjutnya masukkan media tanam pada polybag atau pot bunga (dengan ukuran sesuai keinginan), usahakan polybag atau pot bunga tersebut memiliki lubang drainase sehingga saat penyiraman air tidak menggenang, karena jika air menggenang tanaman bisa busuk.

d. Penanaman
Setelah polybag atau pot bunga telah diisi dengan media tanam, selanjutnya lakukan penanaman. Buatlah lubang tanam untuk umbi bibit dengan ukuran yang di sesuaikan dengan ukuran umbi tersebut, untuk kedalamnya buatlah sekitar 5 atau 6 cm. Setelah lubang tanam siap, masukkan umbi bibit dalam lubang tanam, lalu umbi tersebut ditimbun dengan tanah lalu areal tanaman dipadatkan, agar cepat bertunas lakukan secara teratur penyiraman.

e. Perawatan Tanaman
Lakukan penyiraman bunga sedap malam 2x sehari yaitu pada pagi hari dan sore hari secara teratur. Lakukan pemupukan pada tanaman bunga saat tanaman sudah berumur sekitar 6 bulan, pupuk yang digunakan adalah pupuk campuran antara pupuk Urea dan TSP dengan dosis perbandingan 1 : 1. Bunga Sedap Malam akan mulai berbunga saat sudah memasuki umur 4 atau 5 bulan setelah penanaman.

Demikian artikel pembahasan tentang”5 Panduan Lengkap Cara Menanam Dan Merawat Bunga Sedap Malam Bernilai Jual Tinggi“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa