Tips Mudah dan Cara Menanam dan Merawat Bunga Sweet William Di Rumah Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Bunga Sweet William Bagi Pemula – Dianthus barbatus atau Sweet William adalah salah satu spesies dari 300 spesies bunga Dianthus yang memiliki keindahan dan kecantikan yang tidak tertahankan. Bunga Sweet William ini berasal dari Eropa.

Bunga Sweet William merupakan jenis tanaman tahunan. Tanaman ini dapat tumbuh hingga ketinggian sekitar 18-45 cm bergantung pada jenisnya. Warna bunga Sweet William sangat beragam diantaranya putih, merah muda, merah, ungu dan lain sebagainya. Tanaman ini sangatlah cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias dalam pot untuk hiasan ruangan karena ukurannya yang kecil.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
(unranked): Angiosperma
(unranked): Eudicots
(unranked): Eudicots inti
Ordo: Caryophyllales
Famili: Caryophyllaceae
Genus: Dianthus
Spesies: D. barbatus

Jika anda ingin menanam bunga Sweet William ini, berikut adalah cara menanam bunga Sweet William dari biji.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Sweet William

Bunga Sweet William ini dapat ditanam melalui biji. Biji tersebut dapat langsung disebar ke media tanam atau disemai terlebih dahulu di dalam ruangan. Penanaman ini dapat dilakukan sekitar 6-8 minggu sebelum musim hujan datang

Letakkan biji pada permukaan media tanam, lalu tutup kembali dengan tanah setinggi 0,3 cm. Lalu siram secara merata dengan air. Beri jarak antar benih sekitar 15 cm agar menghindari tanaman membusuk dan tertular penyakit. Walau begitu, tanaman bunga ini juga dapat tumbuh pada jarak dekat. Waktu perkecambahan bunga Sweet William ini yaitu sekitar 10-15 hari setelah semai.

Tanaman bunga Sweet William menyukai sinar matahari penuh. Namun tanaman bunga ini juga dapat tumbuh pada tempat yang teduh. Bunga Sweet William akan tumbuh dengan baik pada tanah yang subur, gembur dan memiliki drainase yang baik.

Lakukukan perawatan berupa pemupukan, penyiraman dan juga pemberantasan hama. Lakukan penyiraman seperlunya saja jangan terlalu banyak karena dapat menyebabkan akar dan batangnya akan membusuk. Agara tanaman tumbuh dengan subur dan cepat berbunga maka perlu dilakukan pemupukan. Jika tanaman terserang hama makasegera lakukan pembasmian segera.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Sweet William Bagi Pemula“,┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa