Cara Menanam Jambu Kristal Dalam Pot (Tabulampot Jambu Kristal) Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam Jambu Kristal Dalam Pot (Tabulampot Jambu Kristal) Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula – Jambu Kristal merupakan varietas jambu biji hasil mutasi dari residu Muangthai Pak. Buah jambu biji ini memiliki biji yang sangat sedikit dengan presentase berbuah yang lebih tinggi dibanding buah tanpa biji lainnya. Bentuk jambu kristal bulat agak gepeng dengan permukaan yang tidak rata namun memiliki daging buah yang renyah. Tanaman buah asal Taiwan ini, mulai masuk ke Indonesia sekitar tahun 90an.

Banyak orang yang menyukai buah jambu kristal, sehingga tak heran kini banyak orang yang mulai melakukan budidaya jambu kristal ini. Tapi bagi kalian yang tidak memiliki lahan, kalian dapat menanam jambu kristal dalam pot atau Tabulampot Jambu Kristal. Berikut cara menanam jambu kristal dalam pot.

Cara Menanam Jambu Kristal Dalam Pot atau Tabulampot Jambu Kristal

Persiapan Bibit Jambu Kristal

Jambu kristal dapat diperbanyak melalui perbanyakan vegetatif seperti Stek, Okulasi, Sambung Pucuk maupun Cangkok. Penggunaan bibit jambu kristal yang berasal dari perbanyakan vegetatif lebih disarankan karena lebih cepat berbuah. Untuk itu, pilihlah bibit jambu kristal yang tepat dan berkualitas baik karena bibit akan menentukan kualitas buahnya nanti.

Persiapan Pot Tanam dan Media Tanam Jambu Kristal

Siapkan pot tanam dengan ukuran yang besar, pot yang dapat digunakan dapat berupa pot plastik, pot semen, srum bekas yang dipoting menjadi 2 bagian atau yang lain sebagainya.

Media tanam jambu kristal yang perlu disiapkan yaitu campuran tanah, pupuk kompos dan sekam padi dengan perbandingan 2:1:1.

Cara Menanam Jambu Kristal Dalam Pot

Jika semuanya sudah siap, segera lakukan penanaman. Masukkan media tanam ke dalam pot yang sudah disiapkan. Lalu, masukkan bibit jambu kristal ke dalam media tanamdan isi pot hingga penuh dan padatkan.

Cara Merawat Jambu Kristal Dalam Pot

Lakukan penyiraman secara rutin dan berkala agar tanaman jambu kristal tidak stres dan mati. Selain itu, lakukan penyiangan pada gulma atau tanaman liar lainnya yaing tumbuh disekitar tanaman jambu kristal di pot. Lakukan pula pemupukan dengan mengggunakan pipik NPK mutiara sebanyak satu sendok makan yang dicampurkan dengan air satu liter, pemupukan ini dilakukan setiap satu bulan sekali.

Agar tanaman jambu kristal cepat tumbuh, maka lakukan penyemprotan dengan menggunakan Gandasil D setiap 15-30 hari sekali hingga tanaman berumur 18 bulan. Setelah itu untuk merangsang pertumbuhan buah dapat dilakukan penyemprotan dengan menggunakan Gandasil B.

Masa Panen Jambu Kristal

Pemanenan jambu kristal dapat dilakukan setelah tanaman jambu kristal berumur 2 hingga 2,5 tahun dengan ciri buah jambu kristal yang siap panen berwarna agak memutih dan berukuran besar.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Jambu Kristal Dalam Pot (Tabulampot Jambu Kristal) Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula”, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa