Cara Menanam Kiwi Dalam Pot atau Tabulampot Kiwi Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam Kiwi Dalam Pot atau Tabulampot Kiwi Di Rumah Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula – Kiwi (Actinidia deliciosa) adalah buah dari tanaman merambat berkayu yang berasal dari genus Actinidia. Buah Kiwi memiliki bentuk normal yaitu oval, kulitnya berwarna hijau-kecoklatan berbulu halus dengan daging buah hijau terang atau keemasan yang didalamnya terdapat biji-biji kecil berwarna hitam yang dapat dimakan. Buah kiwi memiliki rasa yang unik dan tekstur yang lembut. Pada awal mula kiwi bernama gosberi cina kemudian melonette.

Buah kiwi kaya akan serat, selain itu kiwi memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi pada kulit buahnya, kadar antioksidan pada kulit kiwi tersebut lebih tinggi tiga kali lebih banyak dibandingkan dengan daging buahnya. Antioksidan pada kulit tersebut memiliki manfaat, antara lain: anti kanker, anti peradangan, anti alergen, dan dapat melawan bakteri Staphylococcus dan E-coli yang dapat membuat manusia keracunan makanan. Selain itu, buah kiwi dapat menurunkan tekanan darah tinggi(hipertensi) karena adanya ion potasium pada buah kiwi.

Klasifikasi Kiwi
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Ericales
Famili: Actinidiaceae
Genus: Actinidia
Spesies: Actinidia deliciosa

Cara Menanam Kiwi Dalam Pot atau Tabulampot Kiwi

Pembibitan Buah Kiwi

Cara mendapatkan bibit buah kiwi dapat dilakukan dengan cara menyemaikan biji buah kiwi yang sudah dikeringkan sebelumnya.

Rendam biji kiwi selama sekitar 4-6 jam lalu keringkan dengan menggunakan lap. Setelah itu, simpan biji kiwi dan bungkus dengan tisu atau kapas selama semalaman. Kemudian keluarkan biji kiwi lalu sebarkan secara merata diatas media tanah humus selama sekitar 10 hari hingga daun kecambah mulai tumbuh.

Hindarkan penyemaian dari sinar matahari secara langsung, jadi sebaiknya penyemaian diletakkan dalam ruangan tanpa cahaya matahari agar proses pertumbuhan kecambah lebih cepat. Setelah bibit berdaun, bibit dapat dipindah tanamkan ke pot/polibag tanam.

Cara Menanam Kiwi Dalam Pot

Setelah bibit berdaun, segera lakukan penanaman. Siapkan polybag atau Pot yang berukuran sesuai dengan bibit yang akan ditanam. Lalu masukkan campuran tanah humus dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1 dan sedikit air. Setelah itu, masukkan media tanam ke dalam pot/polybag tanam tersebut hingga setengah tinggi polybag/pot. Kemudian, masukkan bibit kiwi dan tambahkan media tanam lagi hingga penuh. Letakkan tabulampot kiwi tersebut di tempat yang sejuk.

Cara Merawat Kiwi Dalam Pot

Lakukan pemupukan pada tanaman/pohon kiwi dengan menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos secara rutin yaitu sebanyak 3-4 kali hingga pohon kiwi mencapai ketinggian sekitar 1 meter, jika sudah lebih pemupukan dapat dikurangi menjadi 2 kali seminggu.

Penyiraman juga perlu dilakukan secara rutin, akan leih baik jika penyiraman dilakukan dengan air yang dicampurkan dengan air cucian beras dengan perbandingan 4:1. Penyiraman tersebut dapat dilakukan 2 kali sehari.

Jika tanaman/pohon kiwi sudah semakin besar dan dirasa pot sudah tidak cukup untuk pertumbuhannya, lakukan pergantian pot dengan ukuran yang lebih besar. Apabila tanaman sudah mulai merambat, buat ajir untuk merambat sulur tanaman kiwi.

Masa Panen Kiwi

Buah kiwi dapat dipanen 3-4 bulan setelah penanaman tergantung kondisi cuaca dan perkembangan tanaman. Proses panen buah kiwi dapat dilakukan dengan memotong tangkai buah menggunakan gunting agar tidak merusak tanaman buah.

Demikian artikel pembahasan tentangĀ Cara Menanam Kiwi Dalam Pot atau Tabulampot Kiwi Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula . Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa