Cara Menanam Sawi Dalam Polybag Yang Mudah Dan Praktis

Posted on

Cara Menanam Sawi Dalam Polybag Yang Mudah Dan Praktis

Sawi merupakan salah satu sayuran yang paling banyak digemari oleh masyarakat untuk dibuat campuran makanan seperti mie, dll. Sawi secara umum memiliki daun yang panjang, tidak berbulu, halus serta tidak berkrop. Terdapat beberapa macam jenis sawi diantaranya : Sawi hijau, Sawi putih, Sawi cina atau Caisim (sawi bakso), dll.

Namun jenis caisim atau sawi bakso adalah jenis sawi yang paling banyak dijajakan dipasaran, sawi ini memiliki daun hijau yang lebar tips memanjang dan tangkainya panjang berwarna putih kehijauan. Rasa sawi caisim renyah tetapi sedikit memiliki rasa pahit, sawi caisim enak untuk dimasak tumis atau oseng, tapi juga sawi ini sering sebagai campuran makanan seperti mie ayam, mie bakso ataupun masakan cina. Selain caisim jenis sawi lain juga banyak di konsumsi dengan dibuat berbagai olahan masakan.

Selain enak dibuat masakan ternyata kandungan sawi sangatlah banyak seperti vitamin k yang baik untuk tulang, glucosinolates yang dapat membantu mencegai berbagai kanker, protein, karbohidrat, vitamin c, vitamin A, vitamin B6, magnesium dan masih banyak lagi.

Semakin lama, permintaan pasar akan sawi semakin tinggi, jadi tidak heran jika banyak orang yang membudidayakan ataupuh sekedar menanamnya di rumah sendiri. Kali ini kita akan membahas tentang Cara menanam sawi dalam polybag yang akan membuat anda lebih mudah melakukan perawatan dan juga menjamin kualitas sawi yang anda konsumsi. Berikut adalah cara menanam sawi dalam polybag:

a. Persiapan Bibit
Sebelum melakukan penanam pastilah kita harus menyiapkan benih bibit terlebih dahulu, pilihlah jenis sawi yang akan anda tanam. Anda dapat membeli benih bibit sawi di toko-toko pertanian. Agar hasil panen atau hasil sawi baik, pilihlah bebih bibit yang baik pula.

b. Persemaian benih bibit
Setelah benih bibit siap selanjutnya lakukan persemaian. Persemaian bisa dilakukan pada suatu lahan atau juga bisa menyemaikannya pada polybag berukuran kecil. Siapkan dahulu lahan atau tempat semai akan akan dibuat untuk menyemaikan benih bibit, setelah siap selanjutnya lakukan penyemaian benih bibit tersebut. Lakukan penyiraman pada benih bibit secara rutin 2x sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Benih akan tumbuh setelah berumur sejkitar 3-4 minggu setelah penyemaian.

c. Penanaman
Bibit yang telah siap tanam selanjutnya di tanam pada polybag. Namun sebelumnya siapkan polybag dan media tanam berupa tanah atau pupuk kompos, setelah siap, isi polybag dengan tanah atau pupuk kompos tersebut tapi jangan terlalu penuh, kemudian ambil bibit pada lahan semai, untuk ditanam pada polybag. Ambil bibit secara hati-hati jangan sampai rusak. Buatlah lubang tanam dan kemudian tanam bibit pada lubang tanam pada polybag tersebut. Setiap polybag diisi dengan 1 bibit saja. untuk hasil maksimal, Lakukan penyiraman secara rutin dan lakukan pemupukan secara rutin pula menggunakan pupuk organik setidaknya lakukan pemupukan setiap minggu.

d. Pemanenan
sawi dapat dipanen setelah berumur sekitar 2 bulan setelah tanam. Pemanenan dapat dilakukan dengan cara memotong bagian daunnya saja atau mencabutnya hingga akar.

Menanam sawi dalam polybag cukup muda kan? Nah, Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Sawi Dalam Polybag Yang Mudah Dan Praktis” , semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa