Cara Menanam Seledri Di Pot atau Polybag di Rumah Bagi Pemula Agar Tumbuh Subur

Posted on

Cara Menanam Seledri Dalam Pot atau Polybag di Rumah Bagi Pemula Agar Tumbuh Subur – Seledri (Apium graveolens) adalah sayuran daun dan tumbuhan obat yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Tumbuhan ini di Indonesia diperkenalkan oleh penjajah Belanda dan digunakan daunnya untuk menyedapkan sup atau sebagai lalap. Penggunaan seledri paling lengkap adalah di Eropa: daun, tangkai daun, buah, dan umbinya semua dimanfaatkan sedangkan beberapa negara termasuk Jepang, Cina dan Korea mempergunakan bagian tangkai daun sebagai bahan makanan.

Klasifikasi Seledri
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Apiales
Famili: Apiaceae
Genus: Apium
Spesies: A. graveolens

Seledri juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya seperti dapat membantu mengobati reumatik, dapat membantu mencegah penuaan dini, dapat membantu menenangkan saraf, dan lain sebagainya.

Jika anda ingin menanam atau budidaya seledri ini, namun tidak memiliki lahan yang luas, anda dapat menanam seledri dalam pot atau polybag tanam. Berikut cara selengkapnya:

Cara Menanam Seledri Di Pot atau Polybag

Persiapan Bibit Seledri

Seledri dapat diperbanyak melalui biji (generatif) atau perbanyakan dari anakan (vegetatif).

Cara pembibitan secara generatif atau melalui biji, sebagai berikut:

  • Siapkan biji tanaman seledri, lalu rendam dalam air yang cukup hangat dengan suhu 50°C – 60°C selama 60 menit.
  • Selanjutnya, buat bedengan atau baki semai untuk tempat persemaian biji seledri. Gunakan media semai berupa campuran tanah dan kompos yang sudah diayak dengan perbandingan 2:1.
  • Lindungi bedengan atau baki semai dari air hujan dan cahaya matahari secara langsung dengan membuat naungan dari plastik bening.
  • Tebarkan biji yang sudah direndam dalam baki semai yang sudah berisi media semai, kemudian timbun tipis dengan media tanam sekitar.Lakukan penyiraman untuk menjaga kelembabannya.
  • Jika menggunakan bedengan untuk tempat persemaian, maka harus dibuat alur garitan terlebih dahulu sedalam 0,5 cm di atas bedengan dengan jarak antar alur 10-20 cm. Kemudian, tebar benih pada alur tersebut dan tutup tipis dengan media tanam dan siram dengan air untuk menjaga kelembabannya.

Agar biji bisa tumbuh dengan baik, perhatikan dan jaga kelembaban media tanam dengan cara melakukan penyiraman secara rutin setiap pagi dan sore tapi jangan terlalu basah dan jangan juga sampai kering. Bibit umumnya sudah dapat dipindah tanamkan setelah 30 hari atau sudah tumbuh 3-4 helai daun.

Tapi umumnya, jika ingin melakukan penanaman di pot atau polybag cara yang digunakan yaitu pembibitan vegetatif, karena lebih mudah. Ambil anakan tanaman seledri lalu tanam pada media tanam di pot atau polybag tanam.

Jika bibit seledri terserang hama, maka segera semprotkan pestisida dengan dosis 30% – 50% dan untuk mempercepat pertumbuhan bibit, bisadisemprotkan pupuk daun dan menambah pupuk NPK sebanyak 10 gram/10 liter air pada hari ke 20-25.

Cara Menanam Seledri Dalam Pot/Polybag

Pertama, siapkan polybag ukuran sedang (40×50 cm). Isi polybag dengan media tanam. Media tanam tersebut dapat dibuat dari campuran tanah, arang sekam (media tanam dengan porositas yang baik dan berat ringan), dan kompos dengan perbandingan 1:1:1. Setelah itu dicampur dan diayak terlebih dahulu.
Cabut bibit dari baki atau bedengan semai dengan menyiramkan sedikit air agar mudah dicabut, lakukan dengan hati-hati dan perlahan.

Selanjutnya, buat lubang pada media tanam di dalam polybag sedalam 3 cm, lalu masukkan bibit dan timbun kembali dengan media tanam.

Cara Merawat Seledri Dalam Pot/Polybag

Lakukan penyiraman secara rutin setiap hari selama seminggu pertama setelah bibit dipindahkan dari tempat persemaian. Setelah itu, penyiraman dapat dilakukan sebanyak 3 kali dalam seminggu dengan menyesuaikan cuaca.

Jika ada hama pada seledri, buang hama tersebut dengan tangan. Jika tanaman terserang penyakit, maka dapat diberikan pestisida organik.

Masa Panen Seledri

Pemanenan seledri dapat dilakukan setelah seledri berumur 2-3 minggu setelah tanam. Ciri-ciri seledri yang sudah siap panen yaitu daunnya sudah terlihat rimbun. Cara memanen seledri yaitu dengan memotong bagian pangkal utama batang seledri. Pemanenan ini dapat dilakukan beberapa kali dengan jarak panen yaitu sekitar 1-2 minggu setelah panen sebelumnya.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Seledri Di Pot atau Polybag di Rumah Bagi Pemula Agar Tumbuh Subur “, Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa