Cara Menanam Serai Dalam Pot atau Polybag

Cara Menanam Serai Dalam Pot atau Polybag Dengan Mudah dan Praktis Di Rumah

Posted on

Cara Menanam Serai, Sereh, Sere Dalam Pot atau Polybag Dengan Mudah dan Praktis Di Rumah Serai atau Sereh (Cymbopogon citratus) merupakan tumbuhan yang masuk dalam suku rumput-rumputan, tanaman ini biasanya digunakan untuk bumbu dapur sebagai pengharum makanan. Serai mengandung minyak atsiri dan juga sitronela yang ampuh sebagai pengusir nyamuk dan serangga lainnya. Serta memiliki manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan.

Karena kebutuhan serai untuk bumbu dapur, selain itu manfaatnya yang cukup banyak, kini banyak orang yang melakukan tanam atau budidaya serai ini. Tidak hanya di lahan yang luas seperti kebun, kini banyak orang menanam serai/sereh ini di pot atau polybag yang lebih praktis dan lebih mudah. Berikut adalah cara menanam serai atau sereh di pot atau polybag :

Alat dan Bahan :

  • Bibit serai atau sereh
  • Pot/polybag
  • Media tanam berupa tanah, pupuk kandang dan sekam padi.

Langkah-langkah menanam serai/sereh dalam pot :

  • Pertama, siapkan terlebih dahulu bibit serai berupa anakan serai yang dipisahkan dari tanaman induknya. Usahakan bibit tersebut masih memiliki bagian yang lengkap termasuk akar dan daun. Tapi jika anda menggunakan bibit berupa batang serai tanpa daun tidak masalah karena tanaman ini pada dasarnya sangat mudah tumbuh.
  • Selanjutnya, siapkan media tanam berupa campuran tanah, pupuk kandang, dan sekma padi dengan perbandingan sekitar 2 : 1 : 1.
  • Kemudian siapkan tempat tanamnya berupa pot (disarankan pot dari tanah karena kelembaban media tanam akan terjaga dengan baik), masukkan pecahan genteng ke bagian dasar pot. Lalu masukkan media tanam yang telah disiapkan ke dalam pot hingga terisi penuh.
  • Jika sudah siap, lakukan penanaman segera. Buatlah lubang tanam di tengah media tanam dengan kedalaman sekitar 5 cm-10 cm. Masukkan bibit serai kedalam lubang tanam dan timbun kembali lalu padatkan agar bibit serai berdiri tegak. Untuk satu pot tanam anda dapat menanam 3 hingga 5 bibit serai bergantung pada ukuran pot yang digunakan.
  • Apabila sudah selesai menanam, pot tanam tersebut dipindahkan ke tempat yang terbuka seperti pekarangan rumah agar tanaman serai terkena sinar matahari secara penuh sebab tanaman serai sangat menyukai sinar matahari.
  • Lakukan perawatan pada tanaman serai berupa penyiraman secara teratur sebanyak 2 kali sehari yaitu pada pagi hari dan sore hari, kecuali pada saat hujan anda tidak perlu melakukan penyiraman. Lakukan pula penyiangan pada gulma yang tumbuh di sekitar tanaman serai dalam pot agar nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh tanaman serai tidak berebut dengan gulma tersebut. Selain itu, agar tanaman serai tumbuh maksimal maka lakukan pemupukan setidaknya 2 bulan sekali.
  • Tanaman serai yang sudah mencapai umur 5 atau 6 bulan biasanya sudah tumbuh rimbun, sehingga anda sudah dapat melakukan pemanenan. Cara pemanenan dilakukan dengan cara membongkar media tanam, lalu keluarkan tanaman serainya. Bersihkan tanaman serai dari kotoran yang menempel. Pisahkan anakan serai dari tanman induk karena itu dapat dijadikan bibit kembali.

Selain cara diatas, anda juga dapat melakukan penanaman dengan menggunakan media air. Cara menanam serai dengan media air yaitu:

  • Ambil serai dan potong akar dan daunnya, sisakan bagian batang dan binggolnya saja dengan ukuran satu jengkal, kemudian siapkan wadah berupa toples atau yang lainnya lalu isi dengan air bersih. masukkan serai dalam air tersebut. Lalu letakan pada tempat yang terkena sinar matahari pagi. Agar terhindar dari mikroba pengganggu, lakukan pergantian air secara teratur.
  • Jika serai sudah berakar anda dapat memindah tanamkan serai ke pot tanam atau ke lahan langsung.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Serai Dalam Pot atau Polybag Dengan Mudah dan Praktis Di Rumah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa