Panduan Lengkap Cara Menanam Sirsak Dalam Pot (Tabulampot Sirsak) Dengan Mudah Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam Sirsak Dalam Pot (Tabulampot Sirsak) Dengan Mudah Bagi Pemula – Sirsak (Annona muricata) adalah tanaman buah yang berasal dari Karibia, Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Sirsak atau yang dikenal dengan durian belanda atau nangka belanda ini memiliki buah yang bukan buah sejati karena yang dimaksud dengan buah pada sirsak adalah buah agregat atau kumpulan buah-buah yang memiliki biji tunggal berhimpit dan kehilangan batas antar masing-masing buah. Buahnya dapat mencapai ukuran 20 hingga 30 cm dengan berat bisa mencapai 2,5 kilogram. Daging buah pada sirsak berwarna putih dengan jumlah biji yang cukup banyak berwarna hitam.

Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Magnoliids
Ordo: Magnoliales
Famili: Annonaceae
Genus: Annona
Spesies: A. muricata

Tidak hanya dapat dibudidayakan atau ditanam di lahan yang luas, sirsak juga dapat ditanam di dalam pot atau sering disebut dengan tabulampot sirsak. Nah berikut cara tabulampot sirsak:

Cara Menanam Sirsak Dalam Pot

Syarat Tumbuh Sirsak

Sirsak dapat tumbuh pada daerah beriklim tropis dengan ketinggian sekitar 1-800 mdpl. Sirsak juga akan tumbuh dengan baik pada suhu sekitar 22-28° C dan kelembapan udara 60-80% serta memiliki curah hujan sekitar 1.500-2.500 mm per tahun.

Persiapan Bibit Sirsak

Sirsak dapat diperbanyak melalui biji, okulasi dan pencangkokan. Apabila sirsak ditanam berasal dari biji, maka tinggi pohon sirsak dapat mencapai ketinggian sekitar 10 meter dan mulai berbuah ketika tanaman berumur sekitar 4-5 tahun. Sementara, bibit yang berasal dari okulasi dan cangkok, tinggi pohon hanya akan mencapai ketinggian sekitar 3-5 meter dan tanaman sudah belajar berbuah ketika berumur sekitar 2—3 tahun. Jika anda tidak ingin
repot, anda dapat membeli bibit di toko tanaman.

Jika bibit sirsak sudah siap, selanjutnya siapkan pot plastik berdiameter 45 cm dan juga media tanam berupa campuran pupuk kandang, tanah, sekam bakar dan sekam mentah dengan perbandingan 1 : 2 : 1 : 1.

Masukkan pecahan genting atau batu bata ke bagian dasar pot, lalu masukkan media hingga ketinggian setengah pot. Kemudian sobek polibag pada bibit, lalu masukkan bibit tanaman ke dalam pot secara hati-hati agar tidak merusak media dan akarnya. Setelah itu, masukkan lagi media tanam hingga ketinggian 2 cm di bawah bibir pot, lalu padatkan dan siram media tanam dengan air hingga basah.

Jika sudah selesai, letakkan tanaman di tempat teduh selama seminggu untuk adaptasi cuaca. Setelah itu, barulah tanaman bisa dipindahkan ke tempat terbuka secara bertahap.

Perawatan Tanaman Sirsak

Lakukan penyiraman secara teratur yaitu sebanyak 1-2 kali sehari. Selain penyiraman, lakukan pula pemupukan. Pemupukan tersebut dilakukan dengan menggunakan pupuk NPK, pupuk organik dan pupuk hayati setiap 2 minggu sekali secara bergantian, misalnya pupuk NPK sebanyak 50—80 gram untuk tanaman muda diberikan 3 bulan sekali. Sementara, pupuk kandang sebanyak 5 kg diberikan setiap 6 bulan sekali.

Selain kedua perawatan tersebut, lakukan pula pemangkasan untuk mempercepat pertumbuhan bunga.

Demikian artikel tentang”Cara Menanam Sirsak Dalam Pot (Tabulampot Sirsak) Dengan Mudah Bagi Pemula“semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa