Panduan Cara Menanam Srikaya Jumbo Dalam Pot (Tabulampot Srikaya Jumbo) Agar Cepat Berbuah

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Srikaya Jumbo Dalam Pot (Tabulampot Srikaya Jumbo) Agar Cepat Berbuah – Srikaya atau buah nona (Annona squamosa) merupakan nama tanaman sekaligus buah yang dihasilkan yang masuk dalam genus Annona. Tanaman srikaya berasal dari daerah tropis. Buah Srikaya memiliki kulit dengan mata banyak berbenjol hampir serupa dengan sirsak, daging buah sirsak berwarna putih, bentuk buahnya bundar atau mirip kerucut cemara dengan ukuran diameter sekitar 6-10 cm.

Klasifikasi Srikaya
Kingdom: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Magnoliids
Ordo: Magnoliales
Famili: Annonaceae
Genus: Annona
Spesies: Annona squamosa

Karena Srikaya merupakan sumber zat besi yang baik, selain itu akar tanaman srikaya bisa dimanfaatkan sebagai anti radang dan anti depresi. Daun srikaya dimanfaatkan sebagai astringen, antiradang, peluruh cacing usus (anthelmintik), serta mempercepat pemasakan bisul dan abses. Biji srikaya dapat dimanfaatkan untuk memacu enzim pencernaan, abortivum, anthelmintik, dan pembunuh serangga (insektisida). Kulit kayu tanaman sirkaya dapat dimanfaatkan sebagai astringen dan tonikum. Buah srikaya muda dan biji dapat dimanfaatkan sebagai antiparasit.

Terdapat beberapa jenis srikaya diantaranya srikaya lumut, srikaya gading, srikaya bangkok, srikaya australia (srikaya merah, pinks mammoth). Selain itu ada pula varietas unggul dari tanaman srikaya yaitu srikaya jumbo. Tanaman srikaya jumbo ini mampu menghasilkan buah berukuran lebih besar yaitu berukuran sekitar 800 gram/buah, pohonyya tumbuh secara meranggas dengan ketinggian maksimal hingga 8 meter. Walaupun begitu tanaman srikaya ini dapat ditanam dalam pot. Berikut cara menanam budidaya srikaya jumbo:

Cara Menanam Budidaya Srikaya Jumbo Dalam Pot (Tabulampot Srikaya Jumbo)

Persiapan Bibit Srikaya Jumbo

Perbanyakan bibit srikaya jumbo dapat dilakukan melalui biji ataupun cangkok atau okulasi, namun jika ingin menanam srikaya jumbo dalam pot, sebaiknya pilih bibit srikaya jumbo yang berasal dari hasil cangkok atau okulasi bukan dari biji. Pastikan bibit buah jambu air hasil cangkok atau okulasi tersebut berasal dari tanaman induk yang sudah berbuah. Selain itu, bibit srikaya jumbo yang hendak ditanam setidaknya sudah berumur 2–3 bulan.

Jika tidak ingin repot, bibit srikaya jumbo dapat diperoleh dengan membelinya secara online. Bibit yang sudah diterima sebaiknya dibiarkan dulu di dalam polybag selama 3-5 hari agar dapat beradaptasi dengan lingkungannya terlebih dahulu. Setelah bibit tersebut tampak subur kembali, maka bibit dapat dipindahkan ke pot tanam.

Persiapan Tempat Tanam dan Media Tanam Srikaya Jumbo

Siapkan pot tanam berukuran cukup besar dengan diameter sekitar 40-50 cm sebagai wadah penanaman. Pastikan pot tersebut memiliki beberapa lubang saluran air di bagian bawahnya. Masukkan pecahan genteng, kerikil, atau sabut kelapa ke dalam pot tersebut sebagai penahan media tanam agar media tanam nantinya tidak mudah hanyut terbawa air.

Setelah itu, siapkan media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1. Jika sudah siap, masukkan media tanam dalam pot yang sudah disiapkan tadi hingga penuh. Biarkan media tanam tersebut selama seminggu agar proses fermentasi secara alami akan meningkatkan kesuburan media tanam.

Penanaman Srikaya Jumbo Dalam Pot

Jika semua sudah siap, segera lakukan penanaman. Buatlah lubang tanam pada media tanam dalam pot sesuai dengan ukuran media tanam bibit. Lepaskan polybag bibit dengan hati-hati agar tidak merusak perakaran dan juga media tanamnya. Masukkan bibit ke lubang tanam lalu timbun kembali dan lakukan penyiraman secukupnya. Setelah itu, pindahkan pot ke tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.

Perawatan dan Pemeliharaan Srikaya Jumbo Dalam Pot

Lakukan penyiraman secara rutin setiap pagi dan sore hari, secukupnya saja jangan sampai menggenang. Lakukan pula penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar tanaman dalam pot agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman srikaya jumbo.

Agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman srikaya jumbo terpenuhi dan kesuburan media tanam terjaga maka lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk NPK 15-15-15 sebanyak 30-40 gr/pot. Selain itu, tambahkan pula pupuk kandang secukupnya. Pemupukan ini dilakukan secara rutin setiap 2 bulan sekali. Guna memicu pertumbuhan vegetatif tanaman srikaya jumbo, maka lakukan pemangkasan.

Pada usia 1-2 tahun atau usia tanaman mulai berbuah berikan pupuk perangsang pembentukan bunga pada tanaman srikaya jumbo. Berikan pupuk berupa campuran pupuk NPK 16-16-16 dan pupuk KNO3 dengan perbandingan 3:1. Setiap pot diberi campuran pupuk tersebut sebanyak 50-75 gram.

Pemanenan Srikaya Jumbo

Srikaya jumbo dapat berbuah setelah berumur 1-2 tahun denan buah berukuran besar dengan berat sekitar 800 gram/buah, biji relatif sedikit, memiliki rasa masis segar dengan daging buah lembut bertepung.

Demikian artikel tentang “Panduan Cara Menanam Srikaya Jumbo Dalam Pot (Tabulampot Srikaya Jumbo) Agar Cepat Berbuah” semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa