Cara Sukses Menanam Tanaman Hias Bunga Gradiol Dengan Mudah

Posted on

Cara Menanam Tanaman Hias Bunga Gradiol Dengan MudahGladiol atau gladiolus adalah salah satu jenis tanaman bunga semusim yang dapat diperbanyak melalui 2 cara yaitu melalui cara generatif (menggunakan benih atau biji) dan cara vegetatif (melalui umbi atau kultur jaringan). Perbanyakan melalui umbi lebih umum digunakan karena hasilnya lebih cepat dibandingkan perbanyakan melalui biji. Terdapat beberapa jenis bunga gradiol, bunga gradiol ini memiliki banyak warna yang indah seperti kuning, biru, merah, ungu dan lain sebagainya.

Tanaman Bunga Gradiol termasuk tanaman berbunga yang mudah dan cepat tumbuh. Namun kondisi yang ideal untuk menanam bunga ini yaitu:

  • Memiliki iklim sejuk, mulai dari dataran rendah hingga tinggi dengan ketinggian 500-1500 mdpl.
  • Memiliki suhu rata-rata 10 hingga 27 derajat celcius
  • Memiliki curah hujan 2000-2500 mm/tahun.

Jika anda ingin menanam atau budidaya tanaman hias bunga gradiol ini sebagai tanaman hias dirumah anda, berikut selngkapnya:

Cara Budidaya Tanaman Hias Gradiol

1. Pertama siapkan dahulu umbi gradiol yang bisa anda dapatkan dengan membelinya di pusat pembibitan tanaman. Pilihlah umbi dengan kualitas bagus. Hindari umbi yang pipih atau kempis, pilih umbi yang besar dan tebal. Hal tersebut karena jika umbi gradiol memiliki diameter yang besar akan memungkinkan jika tanaman menghasilkan bunga yang lebih besar pula. Dengan sedikit perawatan umbi gradiol dapat anda simpan hingga bertahun-tahun.


2. Tanaman Gradiol yang sudah tumbuh besar dan berbunga akan menghasilkan umbi yang baru yang bisa ditanam kembali. Pisahkan induk umbi dengan anakan umbi yang menempel. Pisahkan dengan hati-hati dan pastikan daun tidak terpisah dari umbinya.

3. Letakkan umbi pada koran, keringkan umbi di tempat yang teduh dan kering selama 2-3 minggu.

4. Setelah itu, bersihkan umbi dari debu dan sisa yanaha yang masih menepel pada kulit luar. Lalu hilangkan lapisan kulit kering pada umbi dengan menggunakan tangan.

5. Umbi siap ditaman pada tahun berikutnya

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Tanaman Hias Bunga Gradiol Dengan Mudah“,┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa