Cara Menanam Tomat Cherry Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Lebat Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam Tomat Cherry Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Lebat Bagi Pemula – Tomat Cherry atau tomat ceri (Solanum lycopersicum var. cerasiforme) adalah jenis tomat yang memiliki bentuk buah bulat atau lonjong. Tomat ceri ini memiliki bentuk menyerupai tomat ranti tapi rasanya lebih manis, mengandung banyak air dengan berat buah sekitar 10-20 gram dan memiliki 2 (dua) sekat biji. Tomat cherry diperkirakan mulai terkenal pada tahun 1800-an dan berasal dari Peru dan Chilli bagian utara. Tomat cherry sering dikonsumsi segar ataupun disajikan bersama salad.

Klasifikasi Tomat Cherry
Kingdom: Plantae
Ordo: Solanales
Famili: Solanaceae
Genus: Solanum
Spesies: Solanum lycopersicum var. cerasiforme; Lycopersicon lycopersicum var. cerasiforme

Cara Menanam Tomat Cherry Dalam Pot

Syarat Tumbuh Tomat Cherry

Tanaman tomat cherry dapat tumbuh dengan baik pada daerah dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 600-1200 mdpl. Kondisi suhu optimal dalam pertumbuhan tomat cherry yaitu sekitar 16-27°C dan memiliki pH tanah sekitar 5,5-7.

Persiapan dan Penyemaian Bibit Tomat Cherry

Bibit tomat cherry yang telah disiapkan, kemudian disemaikan dalam media campuran tanah top soil atau tanah bagian atas dan pupuk kompos. Media semai tersebut dimasukkan dalam polybag lalu buatlah lubang tanam pada media semai dengan kedalaman 1 cm, letakkan biji lalu tutup dengan media semainya kembali. Basahi media semai secukupnya, jangan terlalu banyak karena tomat tidak menyukai genangan air. Kemudian tutup persemaian dngan kertas koran untuk menjaga kelembaban media semai.

Siram media secara rutin setiap pagi dan sore hari. Kurang lebih setelah berumur 5-7 minggu, biji tomat cherry akan tumbuh dan setelah bibit berumur 2 (dua) minggu, bibit tanaman tomat cherry dapat dipindah tanamkan.

Penanaman Tomat Cherry Dalam Pot/Polybag

Siapkan pot berdiameter kurang lebih sekitar 30 cm. Kemudian siapkan media tanam berupa campuran tanah top soil, pupuk kompos dan tanah pasir dengan perbandingan 1:1:1/2.

Masukkan media tanam ke dalam pot hingga 2/3 bagian pot. Sobek polybag semai bibit tomat cherry dengan hati-hati agar tidak merusak perakaran dan medianya. Lalu masukkan ke dalam pot, lalu timbun kembali dengan media tanam hingga bagian pangkal batang lalu padatkan. Setelah itu, lakukan penyiraman secukupnya untuk menjaga kelembaban media tanam. Tanaman tomat cherry menyukai sinar matahari penuh, maka letakkan pot tanam di luar ruangan agar tanaman tomat cherry tumbuh lbih optimal.

Perawatan Tomat Cherry Dalam Pot

Setelah tanaman berumur 10-15 cm, berikan penopang dari batang bambu yang diletakkan di kedua sisi atau mengelilingi tanaman dengan jarak antar bambu sekitar 10-20 cm.

Tanaman tomat cherry tidak membutuhkan terlalu banyak air namun jangan sampai kekurangan air. Pada awal pertumbuhan, anak daun yang tumbuh di ketiak daun dipangkas agar batang tumbuh miring. Apabila sudah terbentuk 5-7 buah, lakukan pemotongan ujung tunas tanaman agar tanaman berbuah lebih banyak.

Pemupukan Tomat Cherry

Pemupukan pada tomat cherry dilakukan setiap minggu dengan menggunakan pupuk organik cair dengan cara disemprotkan pada tanaman. Pupuk yang memiliki kandungan kalium tinggi baik untuk pembentukan bunga dan buah. Saat tanaman tomat cherry berumur 3 minggu berikan pupuk tambahan berupa pupuk kompos dengan dosis satu genggam per tanaman.

Selain menggunakan pupuk organik, daat pula digunakan pupuk anorganik yaitu campuran pupuk urea dan KCl dengan perbandingan 1:1 sebanyak 1-2 gram/ tanaman saat berusia 1 minggu. Setelah berumur 3 minggu, beri urea dan KCL kembali dengan dosis 5 gram/tanaman. Pemberian pupuk ini dilakukan dengan meletakkannya pada jara 5-7 cm dari tanaman.

Pemanenan Tomat Cherry

Tomat cherry dapat dipanen setelah berumur sekitar 60-100 hari setelah tanam. Ciri tomat cherry yang siap panen yaitu buah telah berubah dari hijau menjadi kekuningan, tepi daun telah menguning dan batang tampak mengering. Pemanenan sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari.

Demikian artikel tentang “Cara Menanam Tomat Cherry Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Lebat Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa