Cara Praktis Budidaya Ikan Gurame Agar Cepat Besar Dan Panen

Posted on

Cara Praktis Budidaya Ikan Gurame Agar Cepat Besar Dan Panen

Hai Sahabat….Kali ini kita akn memnbahas tentang Cara Budidaya Ikan Gurame atau Gurami. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan berikut ini.

Gurami atau Gurame (Osphronemus goramy) adalah Salah satu jenis ikan air tawar yang disukai dan populer sebagai ikan konsumsi di Asia terutama Asia Tenggara dan Asia Selatan. Ikan Gurame memiliki tubuh yang pipih dan lebar, Serta memuliki moncong yang runcing pada saat masih muda.

ikan-gurame

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Perciformes
Famili: Osphronemidae
Genus: Osphronemus
Spesies: O. goramy

Karena banyak digemari sebagi ikan konsumsi, permintaan pasar sangatlah tinggi akan ikan ini apalagi permintaan restoran atau tempat makan yang menyediakan atau menjual menu ikan gurame. Selain hal itu, harga gurame pun relatif lebih tinggi dibandingkan dengan jenis ikan tawar konsumsi lainnya. Semua itu jadi alasan banyak orang yang mulai membudidayakan ikan gurame. Berikut adalah cara budidaya ikan gurame :

  • Kolam

Untuk membuat kolam, siapkan area dengan luas sekitar 5 meter x 10 meter. Kolam budidaya ikan gurame biasanya dibuat dengan menggunakan Kolam tanah, kolam terpal atau kolam semen atau juga dengan keramba jaring apung. Kali ini kita akan membuat kolam dari tanah. Kolam tanah yang akan digunakan untuk budidaya ikan gurame terlebih dahulu dikeringkan hingga retak-retak agar mikrooorganisme dan kuman dalam tanah mati, Lalu gemburkan tanah sehingga hilang kandungan amonianya.

Selanjutnya, lakukan pengapuran menggunakan dolomit (dengan dosis disesuaikan) dengan cara ditebar pada permukaan kolam, tujuan pengapuran dilakukan yaitu untuk menyeimbangkan pH tanah dan agar mikroorganisme pantogen hilang.

Setelah itu, lakukan pemupukan dengan pupuk organik (pupuk kandang atau pupuk kompos) dan juga diberi tambahan urea dan TSP, pemupukan dilakukan untuk memberi nutrisi pada orgaisme seperti kutu air dan plankton yang nantinya akan menjadi makanan alami gurame.

  • Pengisian Air Kolam

Kolam yang sudah siap, selanjutnya diisi air secara bertahap sampai penuh untuk memungkinkan fitoplankton tumbuh dengan baik. Setelah air kolam dipenuhi fitoplankton, Kolam budidaya akan berwarna kehijauan karena tumbuh lumut dan tumbuhan lainnya juga .Setelah satu minggu, barulah benih ikan gurame baru siap ditebar dalam kolam.

  • Penebaran Benih ikan gurame Pada Kolam

Semua persiapan kolam sudah siap, selanjutnya lakukan penebaran benih ikan yang umumnya berukuran sekitar 5 cm-7cm. Penebaran tidak langsung memasukan ikan dalam kolam melainkan ikan terlebih dahulu dimasukan dalam wadah seperti bak atau ember yang sudah diisi air kolam selama sekitar 20 menit agar ikan dapat beradaptasi dengan baik. Setelah sekitar 20 menit barulah benih ikan gurame dapat di tebar pada kolam budidaya.

  • Pemberian Pakan

Ikan gurame adalah ikan Herbivora atau pemakan tumbuhan Tetapi juga ikan ini memakan cacing sutra atau hewan air seperti kutu air atau plankton. Namun biasanya pada budidaya ikan gurame diberi pakan pelet, dedaunan dan sayuran sebanyak 2 x sehari yaitu pada pagi dan sore hari.Dedaunan atausayuran yang biasa diberikan pada ikan ini adalah Daun talas, Daun singkong, Daun kangkung, Daun ubi jalar, Daun pepaya, Tauge, jagung, dedak, dan ampas tahu( direbus dan kemudian cincang).

  • Perawatan

Perawatan yang dilakukan antara lain: memeriksa volume air, memeriksa suhu dan pH air, dan jangan lupa bahwa ikan gurame tidak boleh terkena cahaya yang berlebihan, karena cahaya dapat membuat ikan stres bahkan mati.
Pemanenan
Ikan gurame dapat dipanen ketika sudah layak konsumsi yaitu sudah memiliki bobot sekitar 400 gram/ekor hingga 1 kg/ekor.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Praktis Budidaya Ikan Gurame Agar Cepat Besar Dan Panen“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa