Cara Ternak dan Memelihara Ayam Kapas Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Cara Ternak dan Memelihara Ayam Kapas Bagi Pemula Agar Sukses – Ayam kapas adalah salah satu jenis ayam yang memiliki bulu yang halus seperti kapas. Tampilan ayam kapas ini sangat cocok dijadikan sebagai ayam hias. Selain baik untuk dijadikan sebagai ayam hias, ayam ini juga menjadi salah satu ayam petelur dan memiliki daging empuk dan juga enak.

Ayam kapas merupakan hasil silangan antara ayam dan kelinci sehingga menghasilkan bulu yang lembut seperti kelinci sehingga ayam ini juga disebut sebagai ayam kelinci. Ayam kapas dapat menghasilkan telur dalam jumlah banyak yaitu sekitar 164 butir per tahun dengan berat rata-rata antara 32.9 gram.

Kelebihan ayam kapas, diantaranya yaitu:

  • Memiliki daya tahan tubuh yang tinggi sehingga tahan terhadap penyakit.
  • Mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.
  • Memiliki warna bulu putih halus seperti kapas.
  • Memiliki jambul dikepalanya baik jantan maupun betina.
  • Konsumsi pakan relatif sedikit sekitar 80-90 gram.
  • Daya tetas telurnya lumayan baik.

Sedangkan, kekurangan ayam kapas, diantaranya yaitu:

  • Warna dagingnya hitam jadi jarang yang suka.
  • Warna bulunya hanya putih.
  • Harga bibitannya lumayan mahal.
  • Hanya memiliki sedikit peminat.

Karena keindahan bulu yang dimilikinya, banyak orang mulai beternak ayam kapas ini, jika kalian ingin memelihara ayam kapas ini, kalian dapat memperhatikan beberapa tips cara ternak dan merawat ayam kapas bagi pemula. Berikut selengkapnya:

Cara Ternak dan Memelihara Ayam Kapas Bagi Pemula

Persiapan Kandang Ternak Ayam Kapas

Kandang yang perlu disiapkan untuk melakukan ternak atau memelihara ayam ini adalah kandang yang dibuat dengan menggunakan material bambu ataupun kayu. Kandang tersebut dianjurkan dibuat dengan ukuran yang luas agar ayam kapas dapat bergerak dengan bebas. Selain itu, pastikan kandang juga menghadap ke arah matahari terbit agar sinarnya langusng mengenai kandang.

Pemilihan Indukan Ayam Kapas

Pilihlah bibit indukan ayam kapas dengan kualitas unggulan, pastikan ayam dalam keadaan sehat sehingga nantinya menghasilkan telur dan ayam yang unggul pula.

Pemberian Pakan Ayam Kapas

Sama seperti jenis ayam yang lain, ayam kapas daat diberi pakan berupa nasi, jagung, gabah, kedelai atau dedak dan jika masih anakan dapat diberi pakan berupa voer. Sebagai tambahan, ayam dapat diberi vitamin tapi jika ada gejala aneh pada ayam saat diberi vitamin maka hentikan pemakaian sementara.

Perawatan Ayam Kapas

Jaga kebersihan kandang ayam, agar ayam terhindar dari hama atau penyakit. Selain itu, dengan kandang yang bersih akan membuat ayam kapas tumbuh dan berkembang dengan baik. Apabila ada ayam yang mulai terserang penyakit, segera periksa dan sterilkan kandang agar penyakit tidak menyebar ke ayam lain lalu pisahkan ayam yang sakit dari ayam yang sehat.

Anakan ayam yang baru menetas diletakkan dalam kandang yang di dalamnya diberi lampu pijar agar anakan ayam mendapat kehangatan karena anakan mudah terserang hama penyakit.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Ternak dan Memelihara Ayam Kapas Bagi Pemula Agar Sukses “, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa