Kelinci – Jenis-Jenis Kelinci Peliharaan Yang Wajib Diketahui

Posted on

12 Jenis-Jenis Kelinci Peliharaan Yang Wajib Diketahui

Hai Sahabat…….Kali ini kita akan membahas tentang Jenis- Jenis Kelinci. Nah, untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan berikut ini.

Kelinci adalah salah satu jenis hewan menyusui atau mamalia yang masuk dalam famili atau keluarga Leporidae.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Superfilum: Chordata
Filum: Vertebrata
Kelas: Mammalia
Ordo: Lagomorpha
Famili: Leporidae

Kelinci ada jenis kelinci liar dan peliharaan namun keduanya biasanya dijadikan hewan peliharaan. Berikut adalah daftar kelinci yang sering dijadikan hewan peliharaan:

  • Kelinci Anggora
    Kelinci Anggora adalah salah satu jenis kelinci yang berasal dari Turki tepatnya pada Ankara. Kelinci anggora memiliki Bulu yang tebal lembut dengan bagian kaki depan dan ujung telinga hanya ditumbuhi bulu-bulu halus. Kelinci anggora pun memiliki banyak variasi warna bulu seperti coklat, putih, hitam, abu-abu dan lainnya. Kelinci jenis ini pula memiliki banyak jenis seperti Satin anggora, German anggora, Chinese anggora, French anggora, dan sebagainya.

kelinci-anggora

  • Kelinci Flemish Giant
    Kelinci Flemish Giant adalah jenis kelinci yang memiliki ukuran tubuh sangat besar dengan panjang hingga mencapai 51 cm dan berat hingga 22,23 kilogram. Ciri-ciri dari kelinci ini adalah tulangnya besar, bertelinga panjang tegak, memiliki ukuran kepala yang besar serta memiliki kaki yang besar, panjang dan kuat. Warna bulunya pun bervariasi ada yang hitam,abu-abu, biru, putih, dan lainnya. Kelinci jenis ini awalnya merupakan jenis kelinci liar dari Argentina namun kini kelinci ini banyak dibudidayakan sebagai kelinci konsumsi.

kelinci-flemish-giant

  • Kelinci Lop
    Kelinci Lop adalah jenis kelinci yang memiliki telinga menggantung dari pangkal kepala sampai pipi. Terdapat banyak varietas dari jenis kelinci tersebut antara lain english lop, dwarf lop, anggora lop, holland lop, french lop, dan sebagainya.

kelinci-lop

  • Kelinci Dutch
    Kelinci Dutch adalah jenis kelinci yang berasal dari negara Belanda. Kelinci ini memiliki bulu pendek dan warna yang bervariasi seperti hitam putih, abu-abu, coklat, dll. Apabila diternakan kelinci ini mampu melahirkan anakan dengan jumlah sekitar 7 hingga 8 ekor kelinci.

kelinci-dutch

  • Kelinci Rex
    Kelinci Rex merupakan jenis kelinci yang berasal dari Perancis. Kelinci jenis ini adalah jenis kelinci budidaya atau Konsumsi. Kelinci ini memiliki beberapa varietas antara lain white rex, dalmatian rex, blue rex, pappilon rex, black rex, dan sebagainya.

kelinci-rex

  • Kelinci Lion Head
    Kelinci Lion Head merupakan ras kelinci baru dari kelinci domestik Amerika Serikat. Kelinci ini memiliki kepala yang tinggi, berbadan tegak, telinga berukuran kecil serta memiliki bulu panjang pada bagian leher yang melingkari kepalanya seperti bulu pada singa jantan. Berat kelinci ini berkisar antar 1 hingga 1,7 Kg tidak lebih.

kelinci-lionhead

  • Kelinci English Spot
    Kelinci English Spot merupakan ras kelinci yang berasal dari Inggris. Kelinci ini merupakan hasil persilangan antara flamish giant, silver, English lop, dutch, Patagonian, anggora, dan Himalayan. Kelinci ini memiliki bulu dasar berwarna putih dengan spot berwarna hitam, coklat atau abu-abu dengan garis spot pada punggung menyesuaikan warna titik atau bintik pada bulu kelinci, demikian pula pada bagian hidung, mata, telinga memilii warna yang senada.

kelinci-english-spot

  • Kelinci Himalayan
    Kelinci jenis ini hampir mirip dengan jenis english spot, bedanya kelinci jenis ini memiliki bulu putih yang dominan dengan warna lain hanya pada bagian kaki, hidung, serta telinga. Kelinci ini juga memiliki warna mata yang unik yaitu matanya memiliki warna merah muda atau pink. Jenis kelinci ini memiliki berat badan rata-rata sekitar 3 kg.

kelinci-himalayan

  • Kelinci Netherland Dwarf
    Kelinci Netherland Dwarf atau kelinci kerdil belanda adaah jenis kelinci yang memiliki tubuh kerdil, kepala bulat, memiliki leher yang hampir tidak terlihat karena sangat pendek serta memiliki telinga yang kecil. Berat kelinci dewasa jenis ini tidak sampai 1 kilogram.

kelinci-netherland-dwarf

  • Kelinci New Zealand
    Kelinci ini memiliki ukuran badan yang besar dengan kelinci dewasa dapat mencapai berat lebih dari 5 kg, dengan warna yang bervariasi. Kelinci ini mampu menghasilkan 10 hingga 12 ekor anakan pada saat melahirkan.

kelinci-new-zealand

  • Kelinci Polish
    Kelinci ini adalah salah satu jenis kelinci berukuran kecil. Kelinci ini memliki telinga yang tegak, bulu yang halus dengan warna hitam, biru atau merah delima. Kelinci ini hampir mirip dengan netherland dwarf yang membedakan dadalah ukurannnya.

kelinci-polish

  • Kelinci Satin
    Kelinci Satin adalah jenis kelinci pedaging dan hias, ras kelinci ini berasal dari Amerika serikat. Kelinci ini memiliki tubuh yang panjang, kuku dan ruas tulang yang kuat, leher pendek, kepala lebar sehingga kelinci ini terlihat kuat. Kelinci ini memiliki warna bulu yang bervariasi ada yang hitam, putih, gading, cokelat, kebiruan dan californian (berwarna hitam pada ujung kaki,telinga, moncong, dan ekor serta berwarna putih pada bagian badannya).

kelinci-satin

  • Kelinci Tan
    Kelinci Tan adalah salah satu jenis kelinci liar yang berasal dari daerah Inggris. Kelinci ini memiliki penampilan yang gagah dan menarik dengan bulu berwarna perpaduan biru dan putih kebiruan atau antara hitam dan coklat tua.

kelinci-tan

Demikian artikel pembahasan tentang”Kelinci – Jenis-Jenis Kelinci Peliharaan Yang Wajib Diketahui“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa