pisang raja

Jenis-Jenis Pisang Konsumsi dan Manfaatnya

Posted on

Jenis-Jenis Pisang Konsumsi Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan dan Kecantikan

 

Pisang merupakan tumbuhan yang berasal dari suku Musaceae. Biasanya buah ini tersusun dalam bentuk tandan. Buah ini sangat mudah ditemukan di daerah beriklim tropis basah, panas dan lembab. Pada saat musim kemarau yang biasanya membuat tanah kering dan jumlah air dalam tanah berkurang, pohon pisang masih dapat tumbuh karena batang pohon pisang tersebut mengandung banyak air tetapi tidak dapat diharapkan produksinya. Pohon pisang hanya dapat memproduksi buah sekali dalam hidupnya.Banyak sekali jenis-jenis buah pisang yang ada di alam, diantaranya: pisang susu, pisang tanduk, pisang kepok, pisang nangka, pisang raja, pisang mas, pisang ambon, pisang barangan, pisang lampung/pisang muli dan masih banyak lagi. Kandungan yang terdapat dalam buah pisang antara lain karbohidrat dan kaya akan mineral seperti kalium,magnesium,kalsium,fostor serta zat besi.
Pada umumnya buah pisang berkulit hijau saat belum masak dan berkulit kuning saat sudah masak tetapi ada juga kulit pisang ada yang berwarna hampir hitam,merah,jingga,ungu,bahkan ada juga pisang yang tepat memiliki kulit berwarna hijau hingga masak. Selain buahnya untuk dimakan,jantung pisang dapat dijadikan sayur dan daun pisang dapat dijadikan pembungkus makanan ternyata kulit pisang juga sangat bermanfaat bagi kehidupan kita.

Manfaat daging buah pisang:

1. Sebagai sumber energi
2. Dapat menurunkan berat badan
3. Meningkatkan kesehatan otak
4. Mengobati jerawat
5. Menghaluskan kulit
6. Mengatasi diabetes
7. Menyeimbangkan jumlah cairan
8. Mengobati sakit maag

Manfaat kulit pisang dalam kesehatan:

  1. Dapat menjaga kesehatan kulit
    karena kandungan kalium pada kulit pisang dapat mengencangkan kulit wajah dan badan kita dengan cara mengoleskan kulit pisang pada wajah sampai leher diamkan sejenak lalu bilas dengan air bersih.
  2. Dapat menghilangkan sakit kutil
    selain dapat mengencangkan kulit wajah, mengatasi kulit kering serta memperbaiki tekstur dan melembabkan kulit kita,pisang juga dapat menyamrkan sakit kutil.
  3.  Dapat dijadikan sebagai obat migrain dan sakit kepala
    orang jarang tahu bahwasanya kulit pisang dapat dijadikan obat sakit kepala dan migrain.padahal,caranya sangat mudah hanya dengan menghaluskan kulit pisang dan kemudian tempelkan pada dahi.
  4.  Dapat mencegah memar dan iritasi pada kulit
    karena kulit pisang banyak mengandung anti oksidan dan mineral alami maka kulit pisang sangat membantu memanjakan kulit kita dan dapat menyembuhkan iritasi ataupun memar di kulit bagian luar.
    apabila anda mengalami iritasi atau gatal untuk menghilangkannya sangat mudah yaitu dengan cara menempelkan kulit pisang tesebut ke daerah yang gatal atau iritasi lalu biarkan hingga semalam lalu bilas.
  5.  Dapat mengurangi penyakit Psoriasis pada kulit
    penyakit pada kulit yang ditandai adanya sisik berwarna keperakan dengan tambahan warna merah serta gatal dan perih atau juga disebut psoriasis,dapat juga di obati dengan menggunakan kulit pisang. Cara menyobatinya yaitu dengan cara menggosokan kulit pisang ke bagian kulit yang terserang penyakit psoriasis secara merata,apabila dilakukan secara teratur maka psoriasis lama-lama akan memudar.
  6. Dapat mengobati luka
    jika anda mengalami luka, anda dapat mengobatinya dengan cara menggosokan kulit pisang ke bagian yang luka.
  7.  Dapat mempercantik kulit dan kekenyalan kulit
    kulit pisang dapat digunakan untuk mempercantik kulit dan kekenyalannya asalkan kita rajin menggosokan kulit pisang pada wajah sebelum tidur dan biarkan semalaman lalu bilas dengan air hangat.
  8.  Dapat dijadikan pupuk organik
    karena banyak kandungan kalium dan fosfor pada kulit pisang,kulit pisang dapat dimanfaatkan menjadi pupuk kompos organik yang seba guna bagi tanaman.
  9.  Dapat mengatasi iritasi akibat gigitan nyamuk
    cara mudah menghilangkan iritasi akibat gigitan nyamuk yaitu dengan menggosokan kulit pisang pada bagian yang digigit nyamuk.
  10. Dapat memutihkan gigi
    kulit pisang dapat digunakan untuk memutihkan gigi yaitu dengan cara menggosokkan kulit pisang secara melingkar pada seluruh bagian gigi. lakukan ini secara teratur selama 2 minggu maka gigi anda akan terasa beda.

Macam Macam Pisang:

1. Pisang Ambon
pisang ambon
Pisang ambon adalah salah satu jenis pisang yang berdaging tebal,berwarna putih kekuning-kuningan,kulitnya kehijau-hijauan sampai kuning.

2. Pisang Susu
pisang susu
Pisang susu banyak mengandung asam folat yang baik untuk pertumbuhan janin,oleh sebab itu ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi pisang susu ini.

3. Pisang Kepok

kepok
Bentuk pisang kepok agak gepeng dan bersegi,ukuran buahnya kecil,kulit buahnya sangat tebalberwarna kuning kehijauan dan ada noda coklat. Ada 2 jenis pisang kepok yaitu kepok kuning dan putih, pisang kepok kuning lebih manis dari pada pisang kepok putih.

4. Pisang Tanduk

pisang tanduk
Bentuk buah pisang tanduk besar dan panjang dan melengkung seperti tanduk,satu pohon hanya ada 3 sisir. Dalam satu sisir rata-rata hanya ada 10 buah pisang,berat satu buah pisang tanduk mencapai 300 g. Kulit buahnya tebal berwarna kuning kemerahan berbintik coklat,daging buahnya berwarna merah kekuningan. Rasanya manis sedikit asamdan aromanya kuat.

5. Pisang Nangka
pisang nangka
Pisang nangka kulit buahnya tetap berwarna hijau walaupun sudah matang. Kulit buahnya agak tebal, buahnya berukuran besar,panjangnya dapat mencapai 28 cm. Bentuk buahnya melengkung. Asal pisang ini dari Malang, Jatim. Daging buahnya berwarna kuning kemerahan dengan rasa manis sedikit asam dan aroma harum.

6. Pisang Giant Cavendish
pisang giant
Daging buahnya sangat lembut dan manis serta memiliki aroma harum, kulitnya berwarna kuning cerah saat sudah matang.

7. Pisang Mas
pisang emas
Pisang ini berbentuk kecil, memiliki warna keemasan pada kulit tipisnya saat sudah matang.Daging buah beraroma harum dan manis, sangat cocok dimakan langsung atau digoreng.

8. Pisang Barangan
pisang barangan
Pisang barangan memiliki tekstur lurus. Daging buah berwarna kuning sedikit putih. Tidak berbiji dan rasanya manis.

9.  Pisang Raja
pisang raja
Pisang raja memiliki buah yang melengkung agak ke atas. daging buahnya berwarna orange,kulitnya sedikit kasar dan tebal,rasanya legit dan manis serta memiliki aroma harum.

10. Pisang Kidang
pisang kidang
pisang ini berwarna merah jingga pada kulit buahnya dengan daging buah berwarna putih, rasanya manis dan beraroma harum.

Sekian informasi yang disampaikan semoga bermanfaat.