Daftar Jenis Tanaman Hias Berbunga yang Sedang Populer

Posted on

Tanaman hias merupakan tanaman yang sengaja ditanam untuk komponen taman, seperti tanaman di kebun rumah, halaman rumah, penghias ruangan. Jenis tanaman hias yang digunakan mencakup semua jenis tumbuhan baik berbentuk terna, merambat, semak, perdu maupun pohon. Saat ini tanaman hias yang banyak digandrungi oleh penggemarnya yaitu tanaman hias berbunga. Jenis tanaman ini banyak diminati dan banyak dijadikan sebagai penghias taan rumah agar terlihatindah dan asri.

Kali ini penulis akan membagikan beberapa jenis tanaman bunga yang sedang di gandrungi oleh penggemarnya saat ini. Tidak harus memiliki lahan yang luas untuk menanam tanaman bunga, kita dapat menggunakan media pot untuk menanamnya atau langsung pada lahan tanah. Untuk memperindah rumah, kalian dapat membuat sebuah taman kecil yang diisi dengan beraneka macam jenis bunga sehingga dapat memberikan suasana lingkungan yang asri dan nyaman. Oke, inilah bebarapa jenis tanaman berbunga yang dapat anda jadikan referensi untuk di tanam pada taman anda.

Jenis tanaman Bunga

Ada berbagai macam jenis bung ayang dapat anda jadikan sebagai tanaman hias di rumah anda. Tanaman-tanaman tersebut dapat anda tanam dalam pot atau media tanah. Jika lahan tidak emmungkinkan anda dapat mencoba menanam dengan menggunakan pot gantung. Berikut ini beberapa jenis tanaman hias.

Tanaman Hias Bunga Anggrek

bunga anggrek

Bunga anggrek merupakan salah satu bunga nusantara yaitu dijuluki sebagai “puspa pesona”. Banyak sekali jenis tanaman anggrek di Indonesia, terdapat sekita 5.000 – 6000 jenis anggrek yang tumbuh liar maupun sengaja dibudidayakan . Anda dapat menaman bunga anggrek menggunakan pot gantung maupun dibiarkan menempel pada pohon besar.

Tanaman Hias Bunga Mawar

bunga mawar

Bunga mawar merupakan jenis tanaman semak berupa herba dengan batang berduri. Meskipun berduri bunga yang dihasilkan dari tanaman ini sangatlah cantik. Sehingga bunga mawar sering digunakan sebaga salah satu simbol cinta dan kasih sayang. Selain bunganya yang cantik, mawar juga memiliki manfaat untuk mengatasi depresi dan setress karena aroma harum yang dikeluarkan olehnya. Tanaman ini dapt tumbuh baik jika ditanam langsung ke media tanah namun dapat juga di tanam dalam pot.

Tanaman Hias Bunga Melati

bunga melati

Tanaman melati merupakan tanaman bunga hias berupa perdu yang berasal dari genus semak. Melati merupakan salah sat bunga nasional yaitu sebagai “Puspa Bangsa”. Bunga melati melambangkan kesucian dan kemurnian serta dikaitkan dnegan bebagai macam tradisi di banyak suku di Indonesia. Perawat tanaman ini cukup mudah, anda hanya harus rajin melakukan pemangkasan untuk merapikan ranting yang menjalar-jalar. Bunga ini memiliki aroma yang sangat harum sehingga cocok sekali jika dapat dijadikan sebagai referensi tanamn hias dirumah anda.

Tanaman Hias Kembang Sepatu

bunga sepatu

Kembang sepatu adalah tanamn semak yang berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Tidak perlu memerlukan perawatan khusus, anda hanya harus rajin melakukan pemangkasan karena jika dibiarkan tanaman kembang sepatu dapat tumbuh besar. Untuk itu anda dapat pula menamannya dalam pot untuk dapat menjaga pertembuhan agar tetap terkendalikan. Memiliki bunga yang cantik dengan warna yang cerah namun tidak mengeluarkan bau harum.

Tanaman Hias Bunga Kemuning

bunga kemuning

Bunag kemuning merupakan tiruan dari bunga melati. Bunga ini mampu tumbuh liar diberbagai tempat, di tepi hutan, semak belukar maupun ditanam sebagi tanaman hias. Tanaman ini memiliki bau wangi yang sangat kuat terutama ketika malam hari. Tanaman ini sanagat menyukai sinar matahari jadi perawatannya mudah hanya perlu disiram air dan diberi sedikit pupuk agar tetap tumbuh subur.

Tanaman Hias Bunga Alamanda

bunga alamanda

Tanaman hias yang satu ini merupakan tanaman hias yang cukup mudah perawatannya. Tanaman yang tumbuh secara bergerombol ini bisa berkembang dengan sangat pesat. Alamanda biasanya ditanam di dalam pot agar mudah dipindahkan.Alamanda cathartica merupakan salah satu jenis alamanda yang paling populer di Indonesia. Bunga ini sering disebut juga sebagai bunga terompet emas dan juga bunga lonceng. Bunga alamanda berasal dari Amerika Selatan dan Tengah. Walaupun tidak mempunyai aroma yang kuta, tapi bunga ini memiliki warna kuning yang sangat indah.

Tanaman Hias Bunga Amarilis

bunga amarilis

Amarilis merupakan jenis tanaman yang paling mudah perawatannya hanya saja tanaman ini berbunga saat awal musim penghujan. Dan memiliki banyak warna yang bermacam-macam. Jika anda memiliki taman kecil maka pas sekali jika bung aamarilis menjadi salah satu koleksi anda dan dijadikan sebagi tanaman hias. Selain digunakan sebagai tanaman hias, ternyata tanaman ini ampun untuk dijadikan sebagi tanaman pengusir nyamuk.

Tanaman Hias Bunga Kenanga

bunga kenanga

Bunga kenanga merupakan salah satu tanaman khas di Indonesia, yang banyak terdpat di Provinsi Sumatera Utara. Karena itu bunga kenanga dietapkan sebagai bunga identitas Provinsi Sumatera Utara. Tanaman ini emiliki bunga berwarna kunig dengan aroma wangi khas yang dapat membuat suasana menjadi nyaman.

Tanaman Hias Kembang Kertas (Bougenville)

bunga bougenville

kembang kertas banyak sekali kita jumpai di sekitar kita, tanaman ini memiliki jenis bunga yang berwarna-warni namun tidak mengeluarkan harum. Tanaman ini akan berbunga lebat saat musim kemarau. Anda dapat menamannya mengunakan pot atau langsung ke media tanah. Tanaman ini pula dapat dijadikan sebagai tanaman Bonsai.

Tanaman Hias Bunga Geranium

bunga geranium

Tanaman Bunga geranium sangatlah cantik jika dijadikan sebagai tanaman hias dan cocok ditanam dalam media pot gantung. Bunag geranium emiliki banyak warna bunga yang menawan. Tanaman ini merupakan salah satu dari sekitar 300 spesies tumbuhan abadi atau semak keluarga Geraniaceae.

Tanaman Hias Bunga Krisan

bunga krisan

Bunga krisan atau sering disebut juga dengan bunga seruni merupakan jenis tanaman bunga yang sering dijadikan sebagai tanaman hias dalam pekarangan ataupun dijadikan sebagi bunga potong. Namun dalam menanam krisan kita harus extra memperhatikan jenis media tanmnya, karena bunga krisan hanya mampu tumbuh subur dan baik dengan ketinggian antara 700-1000mdpl. Bunga krisan memiliki macam macam jenis dan warna bunga yang cantik sehingga cocok dijadikan sebagi tanaman hias di rumah anda.

Tanaman Hias Bunga Euphorbia

bunga euphorbia

Bunga euphorbia merupakan salah satu genus tumbuhanberbunga terbesar yang memiliki sekitar 2.420 spesies.Dari banyaknya spesies bunga euphorbia terdapat beberapa jenis yang dapat dijadikan sebagi referensi tanaman hias dirumah anda. Bunga yang dihasilkan pada tanaman ini memiliki banyak beraneka warna yang cantik dan berwarna warni. Namun anda harus berhati-hati karena tanaman ini memiliki duri.

Itulah beberapa daftar nama tanaman hias berbunga yang dapat penulis bagikan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa diartikel lainya. Terimakasih telah berkunjung di FaunadanFlora.com 🙂 🙂

Leave a Reply