15 Manfaat Dan Khasiat Buah Pinang Bagi Pria Dan Wanita

Posted on

15 Manfaat Dan Khasiat Buah Pinang Bagi Kesehatan  Pria Dan Wanita

Hai Sahabat……Kali ini kita akan membahas tentang Manfaat dari Pinang. Nah, untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan berikut ini.

Pinang (Areca catechu) adalah sejenis pohon palem yang banyak tumbuh pada daerah Asia, Pasifik, dan Afrika bagian timur. Batang pohon pinang lurus dengan ketiggian sekitar 25 meter dan diameter batang sekitar 15 cm kadang lebih. Pelepah daunnya berbentuk tabung dengan panjang sekitar 80 cm, bertangkai pendek dengan daun panjang sekitar 80 cm, daunnya memiliki ujung bergerigi dan sobek. Tongkol bunganya berseludang panjang dan mudah rontok, panjang nya sekitar 75 cm, letaknya dibawah daun. Buah Pinang memiliki bentuk buni, bulat telur terbalik memanjang, warna buahnya merah oranye, panjang buahnya sekitar 3,5 hingga 7 cm dengan dinding buah berserabut.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Ordo: Arecales
Famili: Arecaceae
Genus: Areca
Spesies: A. catechu

Kandungan yang terdapat pada biji pinang antara lain: alkaloid, seperti arekolin (C8H13NO2), arekolidine, arekain, guvakolin, guvasine dan isoguvasine, tanin terkondensasi, tannin terhidrolisis, flavan, senyawa fenolik, asam galat, getah, lignin, minyak menguap dan tidak menguap, serta garam. Selain itu terdapat juga flavonoid (antosianin, flavonol, dan proantosianidin).
Karena kandungan tersebut buah pinang, memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh dari kesehatan:

Dapat mengobati Nyeri Pinggang
Nyeri pada pinggang bisa disebabkan oleh banyak hal, bisa karena kurang pergerakan pasca cidera sehingga terjadi kekakuan otot sehingga menimbulkan trauma otot pinggang. Orang yang mengalami nyeri otot biasanya tidak nyaman dalam beraktifitas. Namun jangan khawatir , anda bisa memanfaatkan daun pinang untuk mengatasi hal tersebut. Caranya : tumbuk daun pinang kemudian oleskan pada pinggang yang sakit. Tumbukan daun pinang tersebut bisa membantu menghambat stimulasi faktor-faktor yang daat menyebabkan nyeri pada otot sehingganya nyeri pinggang dapat berkurang, selain mengatasi nyeri pinggang tumbukan daun pinang juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang lain.
Dapat membantu mengobati penyakit kulit kudis
Kudis merupakan gangguan pada kulit yang ditandai dengan rasa gatal dan berair. Biasanya kudis terjadi pada bagian-bagian tubuh yang tersembunyi atau terjepit dan sering terkena air. Pinang dapat membantu mengatasi masalah kudis yaitu dengan memanfaatkan biji buah pinang, caranya: parut biji buah pinang kemudian oleskan secara rutin pada bagian yang sakit.
Dapat membantu mengembalikan ukuran rahim setelah melahirkan
Pasca melahirkan pasti wanita ingin perutnya segera langsing, karena biasanya pasca melahirkan perut akan membesar akibat diameter rahim yang tidak langsung mengecil. Oleh sebab itu,  untuk mengatasi hal tersebut banyak orang tua yang menyarankan agar pasca melahirkan mengkonsumsi air rebusan buah pinang secara rutin.
Dapat mengatasi sakit gigi
Sakit gigi memang akan terasa tidak begitu nyaman karena nyeri untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa memanfaatkan pinang yaitu dengan cara mengiris sedikit buah pinang lalu gigit atau sumpalkan buah pinang tersebut pada bagian gigi yang sakit.
Dapat membantu meningkatkan gairah seks kaum pria
Karena kandungan arekolin pada pinang, pinang dapat meningkatkan gairah pada kaum pria. Caranya: poton kecil-kecil biji pinang yang belum mengeras kemudian kunyah lalu di makan. Cara lainnya : rebuslah biji pinang  yang telah di hancurkan dengan 2 gelas air, tunggu hingga air bersisa setengahnya atau sekitar 1 gelas. Kemudian minum.
Dapat membantu mengobati luka pada kulit
Caranya yaitu: tumbuk hingga halus  daging buah pinang yang masih muda kemudian balurkan atau tempelkan pada bagian kulit yang terluka.
Dapat membantu mengobati cacingan
Caranya: Rebuslah sekitar 1/4 potong buah pinang, 1/2 jari rimpang temulawak, dan 1/2 jari rimpang kunyit. Setelah itu, saring ramuan tersebut, lalu minum.
Dapat membantu menguatkan gigi dan gusi
Caranya: potonglah biji buah pinang menjadi beberapa bagian, lalu kunyah potongan biji pinang tersebut.
Dapat membantu mengobati Difteri
Caranya: rebus sekitar 2 biji buah pinang dengan dua gelas air hingga air tersisa menjadi 1 1/2 gelas. Setelah itu, tambahkan 1 sdm madu lalu aduk hingga tercampur rata. Lalu minum secara perlahan-lahan untuk menyembuhkan difteri yang diderita.
Dapat membantu mengobati rabun mata
Caranya: Kunyahlah buah pinang kemudian telan airnya.
Dapat membantu mengobati telinga bernanah
Caranya: Tumbuk halus akar buah pinang muda kemudian peras dan ambil airnya. Bersihkan dahulu telinga yang sakit dengan kapas , setelah itu barulah tetesi telinga dengan air tumbukan akar pinang sekitar 3 tetes lalu sumbat dengan kapas lubang telinga agar air tersebut tidak keluar. Lakukan hal tersebut setiap hari secara rutin agar cepat sembuh.
Dan lain-lain

Demikian artikel pembahasan tentang”15 Manfaat Dan Khasiat Buah Pinang Bagi Pria Dan Wanita“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa