99 Manfaat Dan Khasiat Kemangi Untuk Kesehatan

Posted on

Kandungan Serta Manfaat Dan Khasiat Kemangi Untuk Kesehatan

Hai Sahabat….Kali ini kita akan membahasa tentang Kemangi mulai dari Kandungan hingga Khasiat dan Manfaatnya Bagi Kesehatan. Nah, untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan lengkap berikut ini mengenai hal tersebut.

Kemangi  (Ocimum basilicum) adalah tanaman perdu yang memiliki ketinggian mencapai 100 cm, berbatang tegak dan bercabang banyak, kemangi juga memiliki aroma daun yang khas. Kemangi biasanya digunakan untuk lalapan atau juga sebagai campuran masakan seperti pindang, pepes dan berbagai macam masakan lainnya.

Kandungan Gizi Kemangi

Vitamin A 750 RE
Vitamin B 0,08 mg
Vitamin C 50 mg
Energi 46 kkl
Karbohidrat 8,9 g
Kalsium 45 mg
Protein 4,0 g
Lemak 0,5 g
Fosfor 75 mg
Zat Besi 2 mg
Air 85 g

Selain kandungan yang telah disebutkan diatas, ternyata kemangi juga mengandung beberapa senyawa yang sangata baik untuk tubuh , senyawa tersebut antara lain seperti sitrat, sineol, minyak atsiri, zat arigin, anetol, flavonoid, boron, eugenol, betakarotin, triptofan, dan lainnya.

Karena begitu banyak kandungan yang terdapat pada kemangi kemangi mampu dalam menjaga kesehatan dan membantu dalam proses penyembuhan penyakit yang ada dalam tubuh. Berikut adalah manfaat atau khasiat dai kemangi :

Manfaat Kemangi
  • Dapat merilekskan jantung dan pembuluh darah serta melancarkan peredaran darah
    Kandungan Magnesium pada kemangi memiliki kemampuan untuk merilekskan jantung dan pembuluh darah serta melancarkan peredaran darah.
  • Dapat membantu mengobati demam, flu dan masuk angin.
  • Kaya akan Betakaroten dan Vitamin C
    Kandungan betakaroten atau provitamin A dan vitamin c yang cukup tinggi pada kemangi, membuat kemangi mampu menjaga kesehatan mata, dapat membantu sintesis protein, dapat sebagai antioksidan serta dapat meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh.
  • Kandungan Vitamin C yang tinggi
    kandungan vitamin C yang tinggi pada kemangi membuat kemangi mampu bertindak sebagai anti oksidan selain itu dapat membantu proses penyerapan kalsium dan zat besi, dapat membantu pembentukan kolagen dan memelihara elastisitas kulit serta dapat mencegah pembentukan nitrosamin yang dapat menyebabkan kanker.
  • Dapat memperlancar ASI pada ibu hamil.
  • Dapat Mencegah Keputihan pada wanita
    Kandungan Eugenol pada kemangi mampu membunuh jamur penyebab keputihan pada wanita serta mencegahnya.
  • Dapat mengatasi bau badan dan bau mulut
    Ternyata kemangi dapat mengatasi masalah bau badan dan bau mulut karena ada senyawa dalam kemangi yang dapat mengatasi masalah tersebut.
  • Dapat menghilangkan rasa mual.
  • Dapat mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang
    Kandungan Anetol dan boron pada kemangi mampu mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan pada tulang.
  • Dapat menunda menopause dan mencegah kemandulan.
  • Dapat Sebagai anti inflamasi dan anti biotik
    Kandungan Flavanoid seperti myrcene, eugenol dan cineole pada kemangi dapat berfungsi sebagai anti biotik dan anti inflamasi.
  • Dapat mengobati sariawan
  • Dapat mencegah pertumbuhan mikroba penyebab penyakit dan dapat menangkal infeksi virus
    Kandungan minyak atsiri pada kemangi ternyata dapat mencegah pertumbuhan mikroba penyebab penyakit seperti E. coli, dan menangkal infeksi dari virus seperti Proteus vulgaris.
  • Dan Lain-lain

Demikian artikel pembahasan tentang”99 Manfaat Dan Khasiat Kemangi Untuk Kesehatan“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa