27 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Posted on

27 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Hai Sahabat….Kali ini kita akan membahas tentang Manfaat dari Daun Sirih Bagi Kesehatan. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan berikut ini.

Sirih (Piper betle) adalah tanaman yang tumbuh merambat pada batang pohon lain, tanaman ini merupakan tanaman asli dari Indonesia yang berasal dari ordo Piperales. Tanaman sirih dapat tumbuh merambat hingga ketinggian 15 meter. Batang daun sirih berbentuk bulat beruas dan berwarna cokelat kehijauan, batang ini pula tempat dimana akar tumbuh. Daun sirih memiliki bentuk seperti hati dengan ujung merucing, daunnya tumbuh tunggal berselang seling dan apabila diremas maka akan mengeluarkan bau yang sedap, berukuran 5 cm-8 cm untuk panjangnya dan 2 cm-5 cm untuk lebarnya. Sirih memiliki buah buni dengan bentuk bulat berwarna hijau keabuan. Bunga sirih majemuk berbentuk bulir dengan daun pelindung berbentuk bulat panjang.

27-manfaat-daun-sirih-bagi-kesehatan-dan-kecantikan

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Magnoliidae
Ordo: Piperales
Famili: Piperaceae
Genus: Piper
Spesies: P. betle

Berikut ini adalah kandungan serta manfaat dari Daun sirih:

Sirih mengandung Minyak atsiri (minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, fenol, gula dan zat samak dan kavikol) yang kaya akan manfaat. Berikut adalah manfaat dari Daun Sirih :

1. Dapat membantu mengobati penyakit asma

Daun sirih dapat membantu mengobati asma, Caranya : siapkan 4 hingga 5 lembar daun sirih, lalu rebus daun sirih dalam 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja. Kemudian minum air rebusan tersebut dengan rutin setidaknya 2x sampai 3x sehari 1 gelas.

2. Dapat menyembuhkan radang tenggorokan

Daun sirih Dapat digunakan sebagai obat sakit tenggorokan, caranya rebuslah sekitar 4-5 lembar daun sirih dengan 2 gelas air hingga tersisa kira-kira 1 gelas. Kemudian minumlah rebusan daun tersebut secara rutin 2x-3x sehari 1 gelas.

3. Dapat mengobati batuk

Daun sirih dapat mengobati batuk.caranya dengan merebus sekitar 5 lembar daun sirih merah dalam 300 mili liter air, kemudian minumlah air rebusan sebanyak 2 x sehari secara teratur.

4. Dapat mengobati penyakit Bronchitis

Daun sirih dapat membantu mengobati penyakit Bronchitis dengan cara daun sirih sekitar 6–10 lembar direbus daun sirih dengan sekitar 300 ml air hingga tersisa sekitar setengahnya. Kemudian minum air rebusan tersebut 3x sehari secara teratur.

5. Dapat membantu mengobati luka bakar ringan

Cara mengobati luka bakar ringan tersebut dengan daun sirih adalah dengan menumbuk sekitar 3-5 lembar daun sirih merah, setelah halus campur dengan 2 sendok teh madu. Kemudian oleskan pada luka 2x sehari.

6. Dapat mengobati demam berdarah

Cara mengobati demam berdarah menggunakan daun sirih adalah dengan merebus sekitar 5-6 lembar daun sirih dalam 2 gelas air hingga air rebusan bersisa sekitar 1 gelas. Kemudian minum air rebusan tersebut sebanyak 2x sehari secara rutin.

7. Dapat menyembuhkan iritasi dan sakit mata

Cara menyembuhkan iritasi dan sakit mata menggunakan daun sirih yaitu dengan merebus sekitar 1 atau 2 lembar daun sirih dengan segelas air,jika sudah tunggu air rebusan dingin dahulu. Setelah dingin, gunakan air rebusan tersebut untuk mengompres atau sebagai obat tetes mata.