Menanam Kentang Dalam Polybag Dengan Mudah Dan Praktis

Posted on

Cara Menanam Budidaya Kentang Dalam Polybag, Karung Atau Pot Dengan Mudah Dan Praktis

Kentang merupakan tanaman yang memiliki umbi yang disebut kentang pula. Tanaman bernama latin Solanum tuberosum merupakan tanaman yang berasal dari suku Solanaceae. Kentang merupakan tanaman herba semusim dan menyukai iklim sejuk dan berasal dari Amerika Selatan, pada daerah beriklim tropis tanaman kentang cocok ditanam di daerah dataran tinggi. Umbi kentang saat ini telah menjadi salah satu makanan pokok di benua Eropa.

Jika anda ingin melakukan budidaya kentang namun anda hanya memiliki lahan yang sempit, jangan khawatir karena anda tetap dapat menanam kentang dengan menggunakan polybag tanam. Berikut adalah cara budidaya kentang dalam polybag :

a. Syarat Tumbuh Kentang
Dapat tumbuh dengan sempurna pada daerah dataran tinggi sekitar 1600-3000 mdpl dengan curah hujan sekitar 1200-1500 mm/tahun, kelembaban udara sekitar 80-90%, serta bersuhu sekitar 14°C-22°C, jenis tanag yang baik untuk menanam kentang adalah tanah yang gembur serta memiliki sedikit berpasir dengan pH sekitar 5-6,5, jika tanah terlalu asam atau kurang dari 5 maka lakukan pengapuran jika pH tanah terlalu basa maka lakukan pemberian belerang sebelum melakukan penanaman.

b. Bibit Kentang
Pilihlah bibit dari umbi yang baik, pilih bibit yang tidak cacat, telah memiliki tunas sekitar 3-5 dengan tinggi sekitar 2 cm atau telah melalui proses penyimpanan selama 4 bulan.

c. Persiapan Tempat Tanam dan Media Tanam
Siapkan polybag tanam yang berukuran sekitar 50 cm x 80 cm sebanyak kentang yang akan ditanam, polybag tanam tersebut perlu memiliki lubang sekitar 3 hingga 4 di sekeliling polybag tanam untuk sistem drainase. Selain menggunakan polybag tanam anda dapat menggunakan karung ataupun pot. Untuk media tanam anda harus menyiapkannya yaitu campuran antara tanah humus dengan pupuk kompos.

d. Penanaman Kentang Dalam Polybag Tanam
Setelah bibit, polybag tanam serta media tanam siap maka selanjutnya lakukan penanaman, Pertama masukan media tanam dalam polybag setinggi 20 cm-30 cm, setelah itu tanam bibit kentang dalam kedalaman sekitar 7 cm dengan posisi tunas menghadap atas, dalam 1 polybag tanam, ditanami sekitar 3 atau 4 bibit kentang.

e. Perawatan Tanaman Kentang
Setelah sekitar 10 hari setelah tanam maka biasanya bibit sudah merat pertumbuhannnya, Setelah tanaman berumur 1 bulan lakukan penambahan media tanam pada polybag tanam agar umbi yang telah tumbuh tidak terkena sinar matahari dan umbi kentang tersebut berubah warna menjadi kehijauan dan beracun. Lakukan penyiraman rutin setiap hari atau bisa dilakukan sesuai dengan kondisi kelembaban media tanam dalam polybag. Lakukan pula pemupukan dengan pupuk cair atau juga pupuk padat. Pupuk cair yang digunakan boleh merk apa saja yang penting kandungan N dan P seimbang. Untuk pupuk padat gunakan pupuk urea dan TSP dengan perbandingan 1 : 1 dengan dosis 16 g/tanaman atau sekitar 1 sdm/tanaman, setelah pupuk padat diberikan maka lakukan penyiraman agar pupuk cepat larut dan cepat diserap tanaman.

f. Pemanenan Kentang
Kentang yang ditanam dalam polybag dapat dipanen setelah berumur sekitar 10 minggu hingga 4 bulan setelah penananam. Sebaiknya lakukan pemanenan umbi kentang setelah tanaman kentang mati semua yang ditandai dengan daun dan ujung batangnya yang mengering. Jika daun dan ujung batang belum mengering maka umbi kentang yang dipanen akan memiliki mutu yang rendah dan kulitnya mudah lecet.

Demikian artikel pembahasan tentang”Menanam Kentang Dalam Polybag Dengan Mudah Dan Praktis“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa