Cara Mudah Menanam Sirih Di Rumah

Posted on

Panduan Lengkap Cara Mudah Menanam Sirih Di Rumah Bagi Pemula

Sirih (Piper betle) adalah salah satu jenis tanaman obat asli Indonesia. Tanaman sirih tumbuh merambat atau bersandar pada batang tanaman lain atau media rambat lainnya, tinggi tanaman ini dapat mencapai 15 meter. Batang tanaman sirih berwarna coklat kehijauan dengan bentuk bulat, beruas, batang tersebut adalah tempat keluarnya akar. Daun tanaman sirih memiliki bentuk seperti hati dengan ujung runcing, tumbuh berseling, memiliki tangkai dan apabila diremas maka akan mengeluarkan bau yang sedap.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Ordo: Piperales
Famili: Piperaceae
Genus: Piper
Spesies: P. betle

Sebagai tanaman obat, sirih dapat dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit seperti Batuk, Sariawan, Demam berdarah, Bronchitis, Bau mulut dan masih banyak lagi. Karena manfaatnya yang luar biasa tersebut, banyak orang yang menanam tanaman ini dirumahnya. Berikut adalah cara menanam sirih :

Ada 3 cara menanam daun sirih ini yaitu dengan teknik stek, dengan teknik merunduk, dan dengan teknik stek air.

Cara Menanam Sirih

a. Cara Menanam Tanaman Daun Sirih dengan Teknik Stek
Untuk mendapat bibit stek, pilihlah batang tanaman daun sirih yang sudah tua kemudian potong batang tanaman sirih yang telah anda pilih sepanjang dua ruas dengan menggunakan pisau atau yang lainnya. Jika sudah selanjutnya rendam batang tersebut dalam air selama sekitar 15 menit.

Siapkan polybag tanam berdiameter 10 cm dan media tanam yang akan digunakan untuk menanam. Media tanam dibuat dari campuran tanah, pupuk kompos dan pasir dengan perbandingan 3 : 3 : 1. Setelah media tanam siap, masukan media tanam tersebut dalam polybag tanam yang telah dilubangi dahulu bagian bawahnya agar pada saat penyiraman air tidak menggenang.

Apabila telah siap semua, maka selanjutnya lakukan penanaman. Tancapkan bibit stek yang telah disiapkan pada media tanam dalam polybag tanam. Jika sudah, tempatkan polybag yang telah ditanami bibit stek pada tempat yang teduh dan jangan lupa lakukan penyiraman secara rutin 2 x sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Apabila tunas telah tumbuh lebat, maka bibit bisa ditanam ke lahan tanam sesungguhnya.

b. Cara Menanam Tanaman Daun Sirih dengan Teknik Merunduk
Pilihlah batang sulur yang panjang dari tanaman daun sirih, lalu atur sulur agar sulur merunduk atau menjuntai sampai menempel pada media tanam berupa campuran tanah, pupuk kompos dan pasir. Lakukan penyiraman teratur agar sulur yang menempel pada media tanam mengeluarkan akar.

Jika sulur tanaman sirih yang menempel pada media tanam telah tumbuh, potong sulur tersebut lalu pindah tanamkan ke polybag tanam atau pot tanam yang telah didisi dengan media tanam berupa campuran pasir dan pupuk kompos. Lakukan penyiraman secara teraur agar tanaman daun sirih dapat tumbuh dengan optimal.
Teknik merunduk ini biasanya diterapkan pada tanaman daun sirih merah dan daun sirih hitam.

c. Cara Menanam Tanaman Daun Sirih dengan Teknik Stek Air
Potong bagian batang sulur daun sirih yang telah tua dan sehat atau terbebas dari hama penyakit dengan pisau atau alat lainnya. Setelah dipotong, rendam batang sulur daun sirih tersebut dalam air (yang direndam bagian batang sulurnya saja, daunnya tidak perlu direndam) dan tempatkan pada lokasi yang lembab.

Setelah direndam sekitar 4 hari hingga 7 hari, akar pada batang sulur akan mulai tumbuh. Jika akar pada batang sulurtelah tumbuh maka pindah tanamkan bibit pada polybag atau pot tanam yang telah diisi dengan media tanam berupa campuran tanah, pupuk kompos dan pasir.

Lakukan penyiraman secara teratur sebanyak 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari agar kbutuhan air tanaman daun sirih terpenuhi, namun apabila tanaman telah dewasa maka penyiraman dapat dilakukan sehari sekali atau juga bisa du hari sekali.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Mudah Menanam Sirih Di Rumah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa