Panduan Lengkap Cara Budidaya Cabe Setan (Bhut Jolokia) Agar Cepat Berbuah

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Cabe Setan (Bhut Jolokia) Agar Cepat Berbuah – Cabe setan atau cabe red/lombok setan (Bhut Jolokia) merupakan jenis cabe varietas trinidad scorpion, cabe jenis ini sangat cocok dibudidayakan di Indonesia yang memilikiiklim tropis. Menanam cabe setan ini umumnya sama penanamannya dengan cabe jenis yang lainya, hanya saja cabai ini memiliki umur yang relatif lebih lama untuk panen sendiri cabe ini panen kisaran umur 3-6 bulan setelah penanaman.

Bentuk cabe setan ini lebih besar dari cabe rawit jika sudah tua berwarna merah menyala dan mrasa yang sangat pedas sehingga cabe ini disebut cabe setan (lombok setan) oleh masyarakat Indonesia karena rasanya yang sangat pedas tersebut.

Umumnya cabai setan memiliki watu berkecambah sekitar 4 (empat) hari hingga 4 (empat) minggu dan panen pertama bisa dilakukan saat umur tanaman cabe setan mencapai 3 (tiga) hingga 6 (enam) bulan.

Cara Budidaya Cabe Setan (Bhut Jolokia)

Persiapan Lahan Tanam Cabe Setan

Untuk mempersiapkan lahan, bisa dilakukan dengan mencampurkan tanah dengan pupuk kandang atau dengan arang sekam padi aduk hingga merata yang bertujuan untuk meletakkan benih cabe setan beri jarak 3-5 cm untuk meletakkan benih biji cabe setan tersebut.

Persiapan Benih Cabe Setan

Untuk mempersiapkan benih cabe setan sendiri bisa membeli bibit tersebut di toko pertanian atau dengan membuat sendiri yaitu dengan cara memisahkan biji cabe setan dengan kulitnya jemur hingga kering diusahakan ambil biji dari bagian tengah cabe, cara potong cabe setan menjadi 3 bagian dan ambil biji dari bagian yang tengah dimaksudkan biji dari bagian tengah ini memiliki kualitas yang lebih bagus dan pertumbuhanya juga lebih merata. Setelah bibit diperoleh selanjutnya penanaman benih pada lahan yang telah disiapkan dengan jarak sekitar 3-5 cm.

Penanaman Benih Cabe Setan

Setelah benih yang di sebar tumbuh dan berumur kira-kira sekitar 5 minggu dan panjang benih sekitar 5-8 cm maka benih siap untuk ditanam di lahan yang lebih luas. Penanaman cabai setan ini dapat dilakukan menggunakan polibag atau di lahan lapang, jika menggunakan polibag siapkan polibag dengan diameter 50 cm untuk tanah lapang jarak penanaman berjarak 30-50 cm.

Perawatan Tanaman Cabe Setan

Hal yang perlu dilakukan dalam perawatan tanaman cabe setan yaitu memberikan nutrisi berupa pupuk kandang atau pupuk non organik, pemberian air yang cukup, jangan sampai terlalu banyak (becek) karena jika terlalu banyak air tanaman bisa layu. Selain itu, lakukan penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh di sekitar tanaman.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Budidaya Cabe Setan (Bhut Jolokia) Agar Cepat Berbuah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa.