Panduan Lengkap Cara Sukses Menanam Bawang Bakung Bagi Pemula dengan Mudah

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Bawang Bakung Bagi Pemula – Bawang Bakung (Allium fistulosum L.)  atau  Welsh Onion adalah salah satu jenis bawang-bawangan yang dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi, tumbuh sepanjang tahun baik musim hujan maupun musim kemarau asalkan mendapatkan asupan air yang cukup. Menanam bawang bakung ini dapat pula silakukan di dalam pot.

Klasifikasi Bawang Bakung
Kingdom : Plantae
Sub Kingdom : Tracheobionta
Super Devision: Spermatophyta
Division : Magnoliophyta
Class : Liliopsida
Sub Class : Liliales
Famili : Liliaceae
Genus : Allium L.
Species :Alliym fistulosum L.

Cara Menanam Bawang Bakung

Pengolahan Tanah

Lahan yang akan digunakan untuk menanam bawang bakung dipersiapkan terlebih dahulu. Tanah pada lahan digemburrkan terlebih dahulu dengan cara diobajak ataupun dicangkuli. Selanjutnya, tanah dibuat bedeng-bedengan sama halnya pengolahan tanah dalam budidaya bawang merah dan budidaya bawang putih.

Persiapan Bibit Bawang Bakung

Umumnya, bibit bawang bakung yang digunakan yaitu anakannya.

Penanaman Bawang Bakung

Penanaman bawang bakung dengan cara ditugal, dibuat lubang-lubang tanam dengan jarak sekitar 20 cm x 20 cm dan pada setiap lubang tanam ditanami 1 hingga 2 batang bibit bawang bakung, namun sebelum ditanam daun-daun bibitnya telah dipotong hingga bagian batas batangnya.

Perawatan Bawang Bakung

Penyiangan dan Pembubunan
Lakukan penyiangan pada gulma atau tanaman lain yang tumbuh disekitar tanaman bawang bakung bersamaan dengan dilakukan penyiangan ini dilakukan pula pembubutnan. Penyiangan pertama dilakukan setelah tanaman bawang bakung berumur sekitar 3 minggu Dan penyiangan kesua dilakukan setelah tanaman bawang bakung berumur sekitar 6 minggu.

Pemupukan Susulan
Lakukan pula pemupukan. Pemupukan ini dilakukan dengan menggunakan pupuk ZA dengan dosis yang diberikan yaitu sekitar satu sendok teh untuk setiap tanaman dan ini diberikan sebelum dilakukan pembubunan.

Pemberantasan Hama
Jika tanaman terserang hama seperti gurem dan ulat daun maka lakukan pembasmian dengan cara memotong tanaman bawang bakung yang terserang hama dan membunuh ulat hama tersebut.

Pemanenanam Bawang Bakung

Bawang bakung dapat dipanen setelah berumur sekitar dua setengah bulan. Bawang bakung ini dapat digunakan untuk campuran telur dadar, sop, soto dan berbagai masakan lainnnya.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Menanam Bawang Bakung Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa