Panduan Lengkap Cara Menanam Buah Mentega atau Bisbul Agar Cepet Berbuah Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Buah Mentega atau Bisbul Agar Cepet Berbuah Bagi Pemula – Buah mentega atau buah bisbul adalah salah satu jenis tanaman buah yang masih satu rumpun dengan buah kesemek. Bentuk buah mentega hampir sama dengan buah kesemek, tapi buah ini memiliki bulu-bulu halus di kulit buahnya. Warna buah mentega ini berwarna merah dan isi dalamnya berwarna putih kekuning-kuningan.┬áNama lain buah mentega yaitu buah lemak (bahasa melayu).

Buah mentega ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, adapun manfaat buah mentega diantaranya yaitu menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan pencernaan, mencegah anemia, baik untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak dan lain sebagainya.

Cara Menanam Buah Mentega

Persiapan Bibit Buah Mentega

Perbanyakan bibit buah mentega dapat dilakukan melalui biji dan sistem sambung batang/okulasi. Budidaya dengan cara biji dan tunas akar biasanya akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk berbuah yaitu sekitar 7-10 tahun baru akan berbuah.

Agar cepat menghasilkan buah penanaman dapat dilakukan dengan menggunakan bibit okulasi, yaitu menempelkan cabang pohon buah mentega yang sudah berbuah ke batang bawah hasil dari biji. Selain okulasi cara yang paling banyak digunakan yaitu dengan sistem cangkok. Jika tidak ingin repot anda dapat membeli bibit di kios penjual bibit tanaman, ciri bibit buah mentega hasil okulasi yaitu adanya bekas sayatan di pangkal cabangnya atau berbentuk huruf V.

Bibit hasil pembelian sebaiknya jangan langsung ditanam , biarkan bibit 1-2 minggu untuk beradaptasi dengan lingkungan baru.

Persiapan Lahan Tanam Buah Mentega

Lahan yang akan digunakan untuk menanam buah mentega dibersihkan terlebih dahulu dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya. Setelah itu, buatlah lubang tanam dengan ukuran 50 x 50 x 50 cm kemudian isi lubang tanam dengan pupuk kandang hingga 2/3 bagian lalu biarkan lubang tanam selama 2-3 minggu sebelum ditanami.

Jika ingin menanam dalam julah banyak, buatlah lubang yang sama dengan jarak antar lubang sekitar 3m x 3m.

Cara Menanam Bibit Buah Mentega

Jika semua sudah siap, segera lakukan penanaman. Lepaskan plastik polybag bibit dengan hati-hati agar media tanam dan perakarannya tidak rusak. Masukkan bibit ke lubang tanam lalu tutup lubang dengan sisa galian yang ada disekitar lubang, lalu lakukan penyiraman setelah penanaman selesai. Sebaiknya penanaman dilakukan pada awal musim hujan agar anda tidak repot untuk melakukan penyiraman.

Cara Merawat Pohon Buah Mentega

Lakukan penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar tanaman, lakukan pula pemupukan tambahan dengan menggunakan pupuk kandang setelah tanaman berumur 2-3 bulan setelah tanam dan penyemprotan hama jika ada.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Menanam Buah Mentega atau Bisbul Agar Cepet Berbuah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa