Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Murbei Dalam Pot Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Murbei Dalam Pot Bagi Pemula – Murbei atau mulberry merupakan tanaman semak yang dapat tumbuh hingga ketinggian mencapai sekitar 10-15 meter dan hidup di area subtropik di Afrika, Asia dan Amerika.

Tanaman murbei berasal dari jenis keluarga Moraceae berjenis Morus. Beberapa jenis Mulberry yaitu Morus alba di daerah Asia Timur, Morus mesozygia di Afrika Selatan dan Tengah, Morus rubra di Amerika Utara, serta Morus insignis di Amerika Selatan.

Buah murbei muncul bergerombol dengan ukuran sekitar 2-3cm. Buag murbei ini memiliki rasa yang segar yaitu campuran manis dan asam saat sudah matang. Buah murbei berwarna hijau muda hingga merah saat masih muda dan akan berwarna ungu tua hingga hitam saat matang dan rasanya manis.

Murbei banyak dibudidayakan untuk diambil buahnya yang akan diolah menjadi selai, minuman dan bahan membuat kue. Sedangkan daunnya digunakan sebagai pakan ulat sutra dan kayunya ada yang dmanfaatkan sebagai mebel. Buah murbei memiliki kandungan anthocyanin yang banyak bermanfaat bagi kesehatan sebagai antioxidant.

Klasifikasi ilmiah Murbei/Mulberry
Kingdom: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Eudikotil
(tidak termasuk): Rosidae
Ordo: Rosales
Famili: Moraceae
Bangsa: Moreae
Genus: Morus

Jika anda ingin menanam atau budidaya murbei sangatlah mudah karenatanaman ini dapat tumbuh dengan cepat serta tida membutuhkan lahan dengan kriteria khusus. Anda dapat menanam atau budidaya murbei dalam pot (tabulampot) ataupun di lahan yang luas. Berikut adalah cara selengkapnya:

Cara Budidaya Murbei

Persiapan Bibit Murbei

Bibit murbei dapat diperoleh dengan cara stek batang. Bibit stek tersebut diambil dari tanaman induk yang sehat dan tumbuh subur. Tapi jika tidak ingin repot, anda dapat membeli bibit murbei di toko tanaman.

Persiapan Media Tanam Murbei

Setelah bibit siap, selanjutnya siakan media tanam. Media tanam yang perlu disiapkan yaitu berupa campuran tanah, pupuk kandang, pupuk kompos dan sekam dengan perbandingan 2 : 1 : 0,5 : 0,5.

Penanaman Murbei

Jika bibit dan media tanam sudah siap, maka lakukan penanaman. Keluarkan bibit dari polybag tanam lalu masukkan ke pot tanam dan timbun kembali dengan media tanam.

Setelah itu, lakukan pembuatan ajir sebagai empat merambat tanaman murbei dan sekaligus pembentuk tanaman murbei yang rimbun. Ajir tersebut dapat dibuat dari bambu yang dirangkai mengelilingi pot dengan ketinggian sekitar 60 cm.

Cara Merawat Murbei

Perawatan tanaman murbei tergolong sangat mudah, perawatan yang diperlukan diantaranya seperti pemupukan dan penyiraman. Lakukan pemupukan setiap 2 bulan sekali menggunakan pupuk NPK dan pupuk guano dengan dosis masing-masing sekitar 2 sendok makan. Lakukan pula penyiraman sebanyak 2 kali sehari yaitu pagi dan sore atau disesuaikan dengan kondisi media tanam.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Murbei Dalam Pot Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa