Sawo Manila – Penjelasan, Klasifikasi Ilmiah Serta Manfaat Sawo Manila Bagi Kesehatan

Posted on

Penjelasan, Klasifikasi Ilmiah Serta Manfaat Sawo Manila (Manilkara zapota) Bagi Kesehatan

Hai Sahabat…Kali ini kita akan membahas tentang Salah satu varietas sawo yaitu Sawo Manila. Untuk lebih jelsanya simak pembahasan berikut.

Sawo Manila (Manilkara zapota) adalah jenis pohon buah yang berasal dari famili Sapotaceae yang memiliki umur panjang. Sawo memiliki banyak nama di Indonesia disebut dengan sawo, di Malaysia disebut ciku dan lain sebagainya.
Pohon buah sawo memiliki pohon yang besar dan berdaun rindang, pohon buah ini dapat mencapai tinggi sekitar 30 meter hingga 40 meter dengan cabang rendah. Pohon ini memiliki kandungan lateks atau cairan getah putih susu uang kental pada seluruh bagian tubuh pohon. Buah Sawo seperti buah buni dengan tangkai pendek berbentuk bulat, bulat telur atau jorong. Buah sawo memiliki kulit tipis berwarna coklat kemerahan sampai kekuningan dengan sisik-sisik kasar berwarna coklat dengan dibagian ujung biasanya ada tangkai putik yang mengering. Daging buah sawo lembut memasir berwarna coklat kemerahan hingga kekuningan, memiliki rasa yang manis dan mengandung banyak air dengan bagian dalam terdapat biji lonjong serta pipih berwarna hitam atau pun kecoklatan mengkilap. Daun pohon buah ini tunggal dengan letak berseling atau mengumpul di ujung ranting, warna daunnya hijau tua mengkilat berbentuk bulat telur jorong hingga agak lanset.

buah sawo manila

Klasifikasi ilmiah Buah Sawo Manila
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Ericales
Famili: Sapotaceae
Genus: Manilkara
Spesies: M. zapota

Tanaman buah ini diperkirakan berasal dari Amerika tropis seperti Guatemala, Meksiko, dan Hindia Barat dan di Jawa, tumbuhan ini bisa didapati di dataran rendah. Para penjajah bangsa Spanyol membawanya dari Meksiko ke Filipina, dan kemungkinan dari sana menyebar ke Asia Tenggara. Pohon buah sawo manila banyak ditanam di daerah dataran rendah. pohon ini tahan terhadap kekeringan, tiupan angin yang kencang dan salinitas yang agak tinggi. tanah yang baik untuk menanam tanaman buah ini adalah tanah lempung berpasir.

manfaat sawo manila

Manfaat Buah Sawo manila Bagi Kesehatan
  • Dapat sebagai sumber serat yang sangat baik bagi tubuh sehingga dapat membatu mengatasi sembelit.
  • Kandungan serat pada sawo manila yang baik sangat berguna untuk mencegah tubuh dari berbagai penyakit kanker.
  • Karena mengandung mineral dan vitamin A dan C yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Dapat berfungsi sebagai sumber makanan peningkat energi alami karena banyak mengandung fruktosa dan sukrosa.
  • Dapat mengatasi gangguan pada usus dan gastritis.
  • Dapat memberikan asupan cairan dalam tubuh sehingga dapat terhindar dari dehidrasi.
  • Karena mengandung senyawa fenolik buah sawo manila dapat berfungsi sebagai anti virus dan bakteri.

Demikian artikel pembahasan tentang”Sawo Manila – Penjelasan, Klasifikasi Ilmiah Serta Manfaat Sawo Manila Bagi Kesehatan“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa